4 Persiapan Calon Guru Persiapan untuk Dunia Kerja di Era Revolusi 4.0


4 Persiapan Calon Guru Persiapan untuk Dunia Kerja di Era Revolusi 4.0

Halo teman, ruang siswa!

Apakah Anda seorang calon guru di masa depan? Selamat, Anda adalah pahlawan masa depan untuk mendidik kehidupan bangsa!

Apakah Anda siap menyambut dunia kerja, pahlawan masa depan?

Namun, sebagai calon guru, tahukah Anda bahwa Indonesia adalah negara dengan tingkat pengangguran yang tinggi. Dari data yang dilaporkan oleh CNN Media, jumlah pengangguran di Indonesia pada akhir Februari 2018 adalah 6,87 juta orang.

Mari kita kaitkan dengan revolusi industri 4.0.

Sobat, profesi guru adalah salah satu pekerjaan yang akan mengalami tantangan di era ini. Sebagai calon guru di masa depan, kita tentu menyadari bahwa prospek pekerjaan seorang guru memang luas, tetapi ini sebanding dengan jumlah calon lulusan guru yang kemudian akan bertemu dengan lembaga pendidikan untuk melamar pekerjaan.

Jumlah calon guru tidak sebanding dengan jumlah lembaga pendidikan

Masalah umum yang muncul saat ini adalah bahwa tidak jarang menemukan banyak lulusan sarjana yang menganggur. Ini tentu menjadi perhatian kami sebagai calon guru di masa depan.

Tingginya persentase pelamar kerja dan sedikitnya jumlah guru yang pensiun setiap tahun dapat menjadikan kita sebagai calon guru yang harus diwaspadai. Tapi, teman-teman, tantangan ini milikmu! Lebih baik mempersiapkan diri Anda untuk memasuki dunia kerja sebagai guru di era yang berubah dengan cepat ini.

Jadi langkah apa yang kita butuhkan untuk menjadi guru di masa depan?

Sobat, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin agar siap memiliki peluang kerja dari banyak calon guru yang sedang antri di lembaga pendidikan di Indonesia.

1. Pelajari teknologi sejak dini

Dalam era praktis ini, tidak jarang bagi banyak penyedia pekerjaan memata-matai orang yang memiliki keterampilan dalam teknologi.

Membangun branding digital sebagai modal di era revolusi industri 4.0

Sumber: unsplash.com

Di masa depan, keterampilan dalam teknologi akan sangat membantu calon guru dalam memenangkan peluang kerja. Saat ini, guru dituntut untuk dapat menyusun, mengolah, dan menyajikan data melalui komputer dan internet, teman.

Bahkan untuk mengajar kita harus dapat menggunakan presentasi yang baik.

Baca juga: 4 Pilihan Kategori Karier Setelah Lulus dari Perguruan Tinggi

Sama pentingnya, kami belum tahu sistem apa yang akan digunakan untuk merekrut guru. Namun, ujian nasional, rapor, serta seleksi masuk perguruan tinggi kini mulai dilakukan dengan sistem online. Inilah alasan mengapa calon guru benar-benar perlu menguasai teknologi.

2. Mengajar di sela-sela kuliah yang sibuk

Seperti yang dikatakan orang tua, pengalaman adalah guru terbaik. Saat ini, ada banyak lembaga pendidikan non-formal, yaitu les, les privat atau les online yang membuka pekerjaan bagi siswa pendidikan.

Dengan mulai langsung berlatih mengajar di lapangan, secara sadar karakter seorang guru akan terbentuk di diri kita, teman. Kami akan menemukan lebih mudah untuk memahami karakter siswa, dan mengeksplorasi kebutuhan siswa saat ini.

Ketika kita dapat membaca kendala dan kebutuhan siswa, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk membaca peluang dan peluang kerja lainnya di masa depan, kan?

3. Bergabunglah dengan komunitas dan organisasi yang produktif dan positif

Sebagai makhluk sosial, semua orang akan membutuhkan orang lain. Salah satunya adalah dalam hal mencari peluang kerja.

Dengan bergabung dengan organisasi kampus dan non-kampus yang produktif dan positif, Anda akan dapat memperoleh informasi tentang lowongan kerja dari sesama anggota.

Selain itu, karakter yang diharapkan oleh lembaga pendidikan hari ini akan dibentuk melalui organisasi yang produktif dan positif, teman.

4. Selalu belajar tentang hal-hal baru

belajar matematika online

Sumber: blog.iu.edu

Calon guru yang terhormat, jangan mengesampingkan kemungkinan bahwa guru hanya mengajar di kelas. Di era revolusioner ini, metode pembelajaran konvensional secara bertahap dibuat seminimal mungkin.

Bahkan di luar negeri, pembelajaran dilakukan secara online. Sebenarnya ini sudah mulai diterapkan di Indonesia, dimulai dengan les yang sudah banyak dilakukan secara online

Jadi, langkah pertama yang bisa kita ambil adalah memanfaatkan gadget yang kita miliki untuk mengekspos kemampuan mengajar kita. Misalnya, secara rutin dan rajin mengunggah video pembelajaran di saluran YouTube kami.

Ini juga bisa menjadi aset Anda di masa depan, sobat!

Baca: 4 Kompetensi Guru Guru untuk Menjadi Guru Profesional

5. Mencari pekerjaan sampingan online

Menjadi guru memang profesi yang mulia karena memiliki pengaruh besar pada kemajuan anak & bangsa.

Namun, saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak guru yang dibayar atau berpenghasilan di bawah UMR, terutama guru dengan status kehormatan.

Bagi Anda yang sudah mengambil jurusan pendidikan di masa depan yang ingin bekerja sebagai guru, Anda juga dapat mengejar pekerjaan online seperti membuka kelas belajar, menjadi juru ketik, berkonsultasi pendidikan, penulis atau sebagai blogger, membuat video belajar di YouTube dan masih banyak yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan di internet.

Misalnya seperti berikut ini: 6 Cara Siswa Dapat Menjadi Penulis Artikel yang Berhasil sebagai Pekerjaan

Sobat, di era ini tantangan seorang guru untuk mendapatkan peluang lebih besar. Intinya adalah mempersiapkan diri Anda untuk bersaing memperebutkan satu kursi.

Benar teman Seleksi masuk PTN bukanlah tantangan terbesar. Puncaknya adalah ketika kita harus bersaing untuk memasuki pintu tenaga kerja. Apalagi di era ini adalah menjadikan teknologi sebagai aset untuk dapat bersaing dan mendapatkan peluang kerja, dalam hal ini peluang untuk menjadi guru.

Bagi Anda calon guru, Anda perlu menyiapkan empat hal ini agar mereka tidak menjadi pengangguran di masa depan. Semoga Tuhan mempermudah mencapai impian Anda, sobat!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS