5 Cara Menentukan Organisasi yang Tepat


5 Cara Menentukan Organisasi yang Tepat

Manfaat suatu organisasi tentu saja banyak, mulai dari peningkatan jaringan pertemanan, mengasah ketrampilan lunak hingga menjadi berguna dan berdampak pada orang lain.

Pertanyaannya adalah, terkadang kita bingung tentang organisasi seperti apa yang tepat untuk kita? pertanyaan ini sering muncul terutama di kalangan siswa baru.

Friend campus, kali ini saya akan berbagi cara untuk memilih dan menentukan organisasi yang tepat sesuai dengan minat kita. Begini caranya:

1. Pilih organisasi sesuai dengan minat Anda.

Opsi Minat dan Bakat

Sumber: Pixabay.com

Sebelum memasuki organisasi, Anda harus terlebih dahulu mengetahui minat Anda. Pahami diri Anda dan kemudian putuskan untuk memilih organisasi yang sesuai dengan minat pribadi Anda.

Bagaimana Anda tahu minat kami? Mudah saja, caranya adalah mencari tahu kegiatan apa yang paling Anda sukai saat waktu luang. Karena menurut definisinya, bunga adalah sesuatu yang ingin kita lakukan tanpa paksaan dari orang lain. Minat juga dapat tumbuh karena Anda cakap atau pandai dalam bidang yang Anda sukai.

Misalnya Anda suka menulis dan menikmati membaca puisi, maka Anda memilih untuk aktif dalam organisasi menulis. Jika Anda suka melakukan bisnis, maka Anda memilih untuk aktif dalam organisasi wirausaha, atau Anda suka bersosialisasi, maka Anda memilih untuk aktif dalam organisasi sukarelawan dan sebagainya.

Baca: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memasuki Organisasi

2. Pelajari visi dan misi organisasi

Sebelum memasuki organisasi, kita harus mencari tahu terlebih dahulu, apa sebenarnya penampilan dan bentuk organisasi yang Anda ikuti.

Cara mempelajari visi dan misi, Anda dapat berkenalan dengan orang-orang yang aktif dalam organisasi, mencari informasi di akun media sosial Anda untuk dijadikan referensi.

Jika Anda memiliki informasi, pastikan bahwa dengan bergabung dengan organisasi dapat mendukung pengembangan Anda di masa depan.

3. Cari organisasi yang tepat dan tidak negatif

Organisasi yang tepat akan merasakan soft skill atau bakat Anda. Apa itu soft skill? Soft skill adalah hal-hal yang berhubungan dengan sikap dan karakter Anda, seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, dan kejujuran.

Menurut Universitas Harvard, 80% dari kesuksesan seseorang ditentukan oleh soft skill. Sebaliknya, hard skill atau yang biasa disebut kemampuan teknis, seperti mengoperasikan komputer atau alat berat, hanya memengaruhi 20%. Dalam organisasi, kami mendapatkan soft skill.

Organisasi yang baik juga dapat menambahkan jaringan teman, karena tidak peduli seberapa pintar Anda jika Anda mencari pekerjaan tanpa relasi atau teman yang membantu itu akan sulit. Dengan teman, Anda dapat memperoleh informasi tentang pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat

Baca: Alasan Mengapa Anda Harus Bergabung dengan Organisasi Kampus

4. Pilih organisasi yang bermanfaat bagi orang lain.

relawan mahasiswa

Sumber: hammermill.com

Saat Anda memilih organisasi, Anda tidak hanya ingin mendapatkan pengalaman dan pengetahuan, tetapi Anda juga harus dapat memberi manfaat kepada orang lain. Melalui organisasi, ini akan lebih mudah diwujudkan.

Menjadi berguna bagi orang lain adalah bukti bahwa Anda telah memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan Anda, karena ketika Anda menjadi berguna, hati Anda akan terasa tenang dan pekerjaan Anda akan maksimal.

5. Aktif lebih dari satu organisasi?

Bagaimana jika Anda bergabung dengan lebih dari satu organisasi? jawabannya tergantung pada apakah Anda dapat atau tidak membagi waktu antara satu organisasi dengan yang lain serta kegiatan kuliah Anda

Karena kita masing-masing diberikan waktu yang sama tetapi memiliki waktu luang yang berbeda. Untuk alasan ini, penting untuk membuat manajemen waktu pribadi yang baik.

Orang-orang berkata, "Kita bisa membeli berjam-jam, tetapi kita tidak bisa membeli waktu." Hanya sedikit waktu kita sia-sia, maka kita akan kehilangan uang. Buat rencana apa saja yang harus Anda lakukan sekarang, dan mana yang bisa Anda tunda.

Kurangi aktivitas yang bisa membuang-buang waktu, seperti bermain gadget terlalu lama, nongkrong tanpa tujuan yang jelas, atau hanya mengobrol tayangan.

Baca: Ketahui 5 Jenis Organisasi Kampus

wallpaper kantor

Sumber: linbox.id/

Teman, siswa, uraian di atas adalah deskripsi yang dapat Anda gunakan untuk menentukan pilihan organisasi yang tepat. Namun, jika Anda telah menentukan organisasi yang benar-benar cocok dengan apa yang Anda cari, maka hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah KESELURUHAN dalam organisasi.

Apa pun organisasi yang akan Anda ikuti nanti, cobalah sesuai dengan potensi dan minat Anda sehingga nanti ketika Anda bergabung dengan organisasi Anda akan dapat total di sana dan dapat menikmati, bukan setengah-setengah.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS