5 Manfaat Memiliki Kemampuan Desain Grafis bagi Mahasiswa


5 Manfaat Memiliki Kemampuan Desain Grafis bagi Mahasiswa

Secara garis besar, kemampuan seseorang terbagi menjadi professional skills dan personal skills.

Kemampuan profesional adalah kemampuan yang kamu miliki, baik secara konseptual maupun praktikal yang tujuan kamu menguasai kemampuan itu adalah sebagai daya jual kamu dalam bersaing di ranah profesional.

Sementara kemampuan personal adalah kemampuan yang kamu miliki, dan tujuan kamu memilikinya adalah untuk dimanfaatkan secara pribadi.

Berbagai pelajaran di kampus dan pengalaman yang kamu peroleh dalam berorganisasi pada umumnya melatih kemampuan profesionalmu.

Kemampuan profesional ini meliputi kemampuan akademis, komunikasi, negosiasi, kerja sama tim, membangun jaringan, dan lain-lain.

Di sisi lain, pesatnya perkembangan zaman yang diiringi dengan ketatnya persaingan dalam memasuki dunia kerja menuntut kamu untuk menguasai banyak kemampuan personal juga.

Kemampuan personal yang kamu miliki dapat berguna untuk mendukung berbagai kemampuan profesional yang kamu miliki atau sedang kamu bangun.

Salah satu kemampuan personal yang mudah dan menarik untuk dipelajari adalah kemampuan desain grafis. Kemampuan desain grafis sendiri secara umum adalah kemampuan untuk merancang tampilan dari berbagai elemen visual, seperti gambar, simbol, tulisan dan warna sehingga menghasilkan tampilan yang menarik dan indah.

Lantas, apa saja manfaat memiliki kemampuan desain grafis bagi kamu, khususnya mahasiswa secara umum (tidak terbatas pada mahasiswa jurusan seni)?

Tim Ruang Mahasiswa telah merangkumnya dalam 5 Manfaat Memiliki Kemampuan Desain Grafis bagi Mahasiswa!

1. Tugas kuliah

Manfaat pertama adalah untuk membantumu dalam mengerjakan tugas kuliah.

Pada jurusan-jurusan non-seni pada umumnya terdapat beberapa mata kuliah yang juga menuntut kamu untuk dapat membuat sebuah karya desain grafis sederhana.

Entah itu dalam bentuk poster kampanye, tutorial, tipografi, presentasi dan lain-lain.

Apabila kamu memutuskan untuk mempelajari desain grafis mulai saat ini, maka kamu akan memiliki kelebihan dari teman-teman seangkatanmu yang belum mempersiapkan hal ini sama sekali.

Misalnya, dalam sebuah mata kuliah yang menuntutmu untuk membuat sebuah poster kampanye tentang perubahan iklim, maka kamu sudah siap untuk membuatnya dengan maksimal, tanpa perlu mempelajari teknik-teknik dasar desain grafis lagi.

Baca: 7 Tips Manajemen Tugas

2. Memperindah tampilan media sosialmu

manfaat memiliki kemampuan desain grafis - tips mahasiswa

Sumber gambar: pexels.com

Terdengar sepele bukan? Tapi percayalah siapapun kamu yang membaca artikel ini pasti memiliki akun media sosial, terutama Instagram dan Facebook.

Rasa percaya dirimu akan meningkat apabila tampilan media sosialmu terlihat bagus, kan?

Kemampuanmu dalam membuat konsep layout yang menarik akan sangat bermanfaat untuk memperindah tampilan media sosialmu.

Estetika menarik yang ada di media sosialmu akan menciptakan kesan yang positif tentang dirimu ketika dilihat oleh orang-orang yang belum atau baru mengenalmu.

Hal ini sangat penting ketika kamu ingin membangun relasi dengan orang-orang baru melalui dunia maya.

Bahkan, dalam beberapa riset, akun media sosialmu turut mempengaruhi penilaian HRD atau para pemberi pekerjaan terhadap karaktermu.

Jadi sobat, ketika tampilan akun media sosialmu berhasil memberikan citra positif mengenai dirimu, maka kamu akan memiliki nilai plus di hadapan para pemberi pekerjaan yang mana akan meningkatkan daya saingmu!

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

3. Membantu teman atau kerabat

Tidak hanya untuk dirimu sendiri, memiliki kemampuan desain grafis juga akan berguna untuk menolong teman atau kerabatmu lho, sobat!

Mungkin ada diantara teman atau kerabatmu yang memerlukan jasa desain grafis ‘cuma-cuma’ untuk mempromosikan usahanya ataupun untuk keperluan lainnya.

Kemampuan desain grafis yang kamu miliki dapat dipergunakan untuk menolong mereka, baik dengan membuat spanduk, flyer, brosur maupun poster yang sederhana.

Teman atau kerabatmu pasti akan merasa sangat terbantu atas bantuanmu yang kamu berikan. Selain itu, teknik-teknik paling dasar dari desain grafis juga akan sangat membantu lho, sobat!

Dengan menguasai teknik-teknik dasar, kamu dapat membantu mereka untuk mengerjakan hal-hal sederhana, seperti membantu membuat pas foto (biasa digunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan) dan mengedit latar belakang foto liburan yang terlihat menganggu pemandangan yang ada.

Semua hal ini dapat kamu berikan secara ‘cuma-cuma’ kepada orang-orang terdekatmu untuk sekedar mempererat tali silaturahmi dan melestarikan budaya saling tolong-menolong yang ada di masyarakat.

Ingat sobat, kita juga makhluk sosial yang pasti akan membutuhkan bantuan orang lain!

4. Usaha sampingan

usaha sampingan dari desain grafis - mendapatkan penghasilan

Sumber: pexels.com

Yap, selain dapat digunakan untuk membantu teman atau kerabatmu, kemampuanmu dalam desain grafis juga dapat bermanfaat untuk menambah penghasilanmu, sobat!

Penghasilan ini dapat kamu peroleh dengan membuat usaha ataupun bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas. Saat ini, sudah banyak situs yang mempertemukan para pekerja lepas dengan orang-orang yang membutuhkan jasa mereka. Kamu bisa bergabung dengan salah satu situs itu dan mulai mencari pekerjaan disana.

Namun, salah satu tantangannya adalah kamu harus bersaing dengan puluhan, ratusan bahkan ribuan pekerja lepas lainnya yang mungkin lebih berpengalaman dan sudah memiliki reputasi yang baik disana.

Cara lainnya adalah dengan membuat usaha sampinganmu sendiri. Usaha sampingan ini bisa kamu mulai dengan membuka jasa di media sosialmu ataupun menjual hasil karyamu di situs-situs marketplace.

Salah satu kendala utama disini adalah kesulitan dalam mendapatkan popularitas dan kepercayaan pelanggan agar tertarik untuk menggunakan jasamu. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik adalah dengan menawarkan jasamu secara ‘cuma-cuma’ terlebih dahulu kepada rekan atau kerabatmu. Ada sebuah pepatah yang mengatakan “there’s no such thing as a free lunch”. Artinya, sebenarnya tidak ada yang gratis di dunia ini.

Meskipun kamu memberikan jasamu secara gratis ke rekan atau kerabatmu, namun secara tidak langsung mereka dapat membantumu dalam memasarkan jasamu. Semakin banyak orang yang merasa terbantu dan ikut mempromosikan jasamu, maka metode ‘dari mulut ke mulut’ ini akan berjalan dengan semakin efektif, sobat!

Selain itu, kamu juga dapat membuat beberapa portofolio dan menampilkannya di akun-akun media sosialmu untuk memberikan rasa percaya kepada calon pengguna jasamu.

Baca: 9 Pekerjaan Bergengsi yang Dapat Kamu Tekuni Sewaktu Mahasiswa

5. Nilai plus di CV

Manfaat terakhir yang dapat kamu peroleh adalah sebagai nilai tambah di curriculum vitae atau CV mu.

Ketika ingin bergabung dengan sebuah organisasi, biasanya pihak organisasi akan menyeleksi calon-calon anggota barunya dengan melihat dan menganalisis CV mereka satu persatu.

Nah, kemampuan desain grafis akan sangat baik apabila kamu sertakan pada bagian ‘kemampuan/skills’ di CV mu, sobat.

Hal ini dikarenakan, belum banyak orang yang memiliki kemampuan di bidang ini. Di sisi lain, kebutuhan terhadap seorang desainer grafis sangat tinggi, termasuk pada organisasi-organisasi non-profit maupun komunitas kerelawanan.

Organisasi atau komunitas ini biasanya membutuhkan jasa seorang relawan untuk membuat berbagai desain yang menunjang aktivitasnya.

Contohnya, ketika komunitas/organisasi sedang mengadakan sebuah acara, maka diperlukan poster, flyer, photobooth dan spanduk untuk menunjang estetika acara.

Selain itu, desain-desain yang menarik juga diperlukan untuk mendukung pencitraan melalui media sosial dengan postingan-postingan yang menarik.

Oleh karena itu, kamu akan memiliki nilai tambah ketika ingin bergabung ke dalam berbagai komunitas atau organisasi dengan memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki banyak orang.

Kamu jadi punya kans yang lebih besar untuk bergabung dengan organisasi baru dan memperoleh berbagai manfaat berorganisasi!

Nah sobat, itulah artikel mengenai 5 Manfaat Memiliki Kemampuan Desain Grafis bagi Mahasiswa, khususnya buat kamu yang masih duduk di bangku kuliah dan tidak memiliki latar belakang pendidikan desain grafis.

Sudah siap untuk menjajal kemampuan baru, sobat?

 

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS