5 Prinsip untuk Mengubah Siswa Menjadi Lebih Keren


5 Prinsip untuk Mengubah Siswa Menjadi Lebih Keren

Halo, ruang siswa teman! Sudah keren? Seberapa keren versimu?

Apa pendapat Anda tentang versi keren dari siswa? Kembali lagi pada titik "Siswa adalah agen perubahan baru".

Jadi siswa yang keren adalah mereka yang benar-benar menjadi agen perubahan untuk kebaikan.
Apa prinsip yang perlu Anda miliki? Siswa, apakah Anda yakin siswa yang keren adalah mereka yang memiliki prinsip?

Ingin tahu prinsip apa?

5 prinsip ini Anda harus menjadi siswa yang keren di era ini.

1. Suka membaca

Teman, ruang siswa, sudahkah Anda membaca hari ini, bukan?

Kenapa membaca? Dengan membaca Anda memiliki wawasan luas. Di era reformasi ini, bukan hanya pengetahuan yang harus dimiliki, siswa juga perlu memiliki wawasan yang luas.

Salah satu tantangan Indonesia adalah kurangnya minat publik dalam membaca. Anda salah satu dari mereka yang malas membaca?

Najwa Shihab, duta besar membaca Indonesia memiliki kiat untuk Anda yang tidak berminat membaca. "Hanya perlu satu buku untuk jatuh cinta dengan membaca. Cari bukunya. Biarkan jatuh cinta".

Baca: 7 Manfaat Membaca Buku

Jadi, bagi teman saya yang ingin menjadi murid yang asyik, senang membaca. Bagaimana cara melakukannya? Mulai dari membaca buku yang menarik menurut Anda, biasakan juga membaca setidaknya satu berita setiap hari, agar tidak dicap sebagai Siswa Kezam (Zaman Lama), teman-teman!

2. Bijaksana dalam Menyortir Informasi

Siswa masih percaya pada tipuan? Artinya, Anda belum menjadi teman murid yang keren! Siswa yang keren adalah mereka yang mempercayai informasi yang telah membuktikan validitasnya.

Ketika mendapatkan informasi baru, kita perlu membuktikan kebenaran terlebih dahulu. Bisa jadi informasi tersebut disebarkan oleh orang-orang yang ingin menyakiti pihak lain, atau menakut-nakuti masyarakat umum.

Masih ada hubungannya dengan poin pertama, yang perlu Anda lakukan adalah menikmati membaca sehingga Anda tidak mudah terpengaruh oleh berita bohong yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

3. Bergaul dengan Orang Positif

tips menjadi siswa yang asik

Sumber: duniadosen.com

Siswa yang keren akan selalu mencari siswa yang keren lainnya. Orang positif berarti mereka yang suka berbicara tentang hal-hal berkualitas, bukan mereka yang sibuk mencari celah dan kelemahan orang lain.

Dengan bergaul dengan orang-orang positif, Anda akan terbiasa terlibat dalam percakapan yang berkualitas, sehingga wawasan Anda secara otomatis juga akan meningkat.

Misalnya, orang positif yang akan Anda temui di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang secara rutin akan melakukan kegiatan positif. Alih-alih hanya menyebarkan tipuan, lebih baik menyebarkan gagasan positif di UKM, bukan?

4. Fokus pada Melakukan Hal yang Baik dan Benar

Untuk menjadi siswa yang keren, langkah selanjutnya adalah Anda harus fokus melakukan hal yang benar. Era reformasi terkadang memberi kita peluang untuk memberikan aspirasi dan tindakan tertentu.

Siswa yang keren tidak akan mudah terpancing oleh pembicaraan orang lain. Terlebih lagi jika Anda benar-benar gagal memahami masalah apa yang terjadi. Lebih baik fokus pada melakukan hal-hal yang benar-benar Anda pahami, sobat!

Baca: Selain ceramah, berikut adalah 7 kegiatan yang harus diambil siswa

Siswa yang keren adalah mereka yang benar-benar memahami konteks yang sedang terjadi. Jika Anda tidak mengerti sesuatu, cobalah mempelajarinya sebelum mengambil tindakan, ya teman-teman.

5. Fokus yang Lebih Baik untuk Bekerja

tips menjadi siswa yang asik

Gambar: Ronaldi (Founder Student Room), presentasi Student Room sebagai karya pendidikan tinggi digital dalam Revolusi Industri 4.0

Sekeren siswa keren, mereka akan lebih keren ketika mereka bekerja. Siswa yang keren adalah mereka yang memiliki misi untuk mencapai prestasi dan membanggakan negara.

Indonesia memiliki banyak siswa berprestasi di era ini. Jika Anda memiliki keinginan untuk fokus pada pekerjaan dan prestasi, selamat! Anda adalah seorang siswa yang keren, sobat!

Menjadi siswa yang keren bukanlah mereka yang modis, tetapi mereka yang mampu, kawan.

Siswa perlu memegang lima prinsip di atas dalam era reformasi ini. Selain menjadikan Anda siswa yang keren, prinsip yang Anda pegang kelak akan membantu Indonesia menjadi lebih baik.

Baca juga: Tips Menjadi Generasi Milenial yang Berguna

Ingin Indonesia menjadi lebih baik, bukan?

Jadi jadilah pelajar – pelajar yang memiliki dampak positif nyata, sahabat! Era saat ini membutuhkan generasi muda yang berkualitas!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS