Atlet Universitas Jember Menyumbang 4 Medali di POMNAS 2019 – Universitas Jember – Kampuspedia


Atlet Universitas Jember Menyumbang 4 Medali di POMNAS 2019 - Universitas Jember - Kampuspedia

Jember, 8 Oktober 2019

Atlet Universitas Jember menyumbangkan empat medali untuk kontingen Jawa Timur pada Pekan Olahraga Nasional 2019 (POMNAS) di Jakarta September lalu. Keempat medali itu terdiri dari 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu. Kontingen Jawa Timur sendiri menempati posisi ketiga dalam POMNAS 2019, di bawah kontingen Jawa Barat di posisi kedua, dan terpilih sebagai juara umum kontingen DKI Jakarta. Kontingen Jawa Timur membawa pulang 22 medali emas, 40 medali perak, dan 59 medali perunggu.

Salah satu atlet siswa yang memenangkan medali adalah Fauziah Azzahra, seorang atlet yang belajar di Program Studi Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, memenangkan medali emas untuk ganda putri, berpasangan dengan seorang atlet dari Universitas Negeri Surabaya , Novulan Adiyani. Di babak final, keduanya berhasil menggagalkan perlawanan atlet tuan rumah, DKI Jakarta. Sebelumnya di semifinal, pasangan Fauziyah-Novulan mengalahkan atlet Sumatera Barat. Medali emas ini menunjukkan kualitas mereka berdua sebagai atlet tenis terhitung di Indonesia. Alasannya adalah bahwa meskipun latihan rutin bersama merupakan kendala bagi Fauziah dan Novulan, tetapi mereka berhasil menyumbangkan medali emas.

"Tes terberat di semifinal dan final. Di semifinal kami bertemu atlet Sumatra Barat yang diunggulkan sejak awal. Sementara di babak final atlet DKI yang kami kalahkan sebenarnya adalah anggota TNI yang kebetulan sedang belajar lagi. , jadi fisiknya sangat kuat sehingga dia menyusahkan kami, "kata Fauziyah sambil tertawa mengingat perjalanannya untuk memenangkan medali emas. Atlet tenis, dijuluki Ussi, merasa nyaman dengan rekannya Novulan, sehingga dalam waktu dekat ia akan bermitra lagi untuk turun di Juara Tenis UNESA. "Semoga kami akan menjadi juara di UNESA sehingga mereka akan berada di radar untuk pencarian atlet untuk SEA Games.

Pengalaman lain dengan Siti Aisyah, seorang mahasiswa Program Studi Pembangunan Ekonomi FEB yang menjadi penjaga tembak di tim bola basket wanita Jawa Timur. Di babak final, tim bola basket putri Jawa Timur memenangkan medali perunggu dengan tim putri DI Yogyakarta. "Di semifinal kami kehilangan hanya satu bola dari tim basket putri Banten, 55-57. Wow, saya sangat kecewa, tapi saya pikir ini adalah penampilan terbaik yang bisa kami tawarkan karena konsentrasi pemain pelatihan sangat ketat. Selain itu, sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk berlatih bersama, mengingat bahwa setiap pemain memiliki kegiatan mereka sendiri, "kata Aisyah, yang telah mengejar bola basket sejak sekolah dasar. Tim bola basket putri Jawa Timur terdiri dari 12 pemain, dipimpin oleh para atlet dari Universitas Surabaya, Universitas Airlangga dan Universitas Jember.

Atlet Tegalboto lain yang menyumbangkan medali lainnya adalah Ega Dwi Wijayantini, seorang siswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP yang memenangkan medali perunggu di cabang olahraga catur cepat putri. Lalu ada Nisma Fracinda dari Program Studi Manajemen FEB yang memenangkan medali perak bersama tim futsal putri Jawa Timur. Sementara tiga atlet kempo wanita dari Universitas Jember, Hafidha Sulistyo Purwatiningtyas (Akuntansi, FEB), Siti Aminah Daeng Ndiko (Fakultas Kedokteran) dan Tyas Proboningrum (Agribisnis, Fakultas Pertanian) belum berhasil menyumbangkan medali.

Sementara itu menurut Prof. Soetriono, Ketua Badan Pengembangan Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) wilayah II Jawa Timur, yang ditemui di Kampus Tegalboto (8/10) mengatakan bahwa sebenarnya kontingen Jawa Timur telah menargetkan menjadi runner up, tetapi itu tidak berhasil. "Hasil di POMNAS 2019 akan menjadi evaluasi kami di Bapomi, Jawa Timur. Kami akan terus mengeksplorasi talenta atlet baru di semua universitas di Jawa Timur termasuk Kampus Tegalboto. Itu hanya masalah klasik pembinaan atlet siswa. bagaimana menyelaraskan jadwal kelas dengan jadwal pelatihan, "kata guru besar Fakultas Pertanian, Universitas Jember. Sebagai informasi, POMNAS 2019 akan diadakan pada 15-26 September 2019 di Jakarta

Dukungan dan penghargaan untuk atlet mahasiswa Kampus Tegalboto juga datang langsung dari Kanselir Universitas Jember. Selama audiensi dengan semua atlet yang berlaga di POMNAS 2019, Moh. Hasan memberikan beasiswa sebagai penghargaan untuk atlet yang berjuang untuk mencium aroma kontingen Jawa Timur. "Selamat atas pencapaian Anda, kontribusi Anda menempatkan Universitas Jember di posisi kesembilan dari 38 universitas di Jawa Timur yang mengirim atlet ke POMNAS 2019," katanya dengan bangga. (saya)

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS