Bukan IPK, 7 Hal Lebih Penting Ini Dicapai di Perguruan Tinggi


Bukan IPK, 7 Hal Lebih Penting Ini Dicapai di Perguruan Tinggi

Ada beberapa siswa yang masih mendewakan nilai atau IPK sebagai salah satu tolok ukur pencapaian yang harus dicapai setiap semester, bahkan menjadi tujuan utama yang harus dicapai tanpa memperhatikan prestasi lain yang dapat mengasah kemampuan soft skill.

Terkadang kampus hanya berupa penjara yang secara konstan tentang tugas, laporan, praktikum, makalah, presentasi dan sebagainya. Padahal, teman, ada banyak prestasi dan pengalaman luar biasa yang bisa Anda dapatkan di luar proses perkuliahan di kampus, yaitu:

1. Persaingan

Bergabunglah dan menangkan berbagai kompetisi yang dapat mencicipi soft skill Anda, untuk terus tumbuh bebas dengan kreativitas tanpa batas.

Berpartisipasi dalam kompetisi nasional hingga internasional akan membuat Anda sangat kompetitif, memiliki wawasan luas, dan pandai memanfaatkan peluang.

Selain itu Anda akan memiliki banyak teman yang tersebar di banyak kota, dan juga akan menjadi kebanggaan kampus Anda

Baca: 7 Faktor dan Kebiasaan Yang Membuat Siswa Sukses

2. Asisten Dosen / Laboratorium

siswa melakukan penelitian

Menjadi dosen atau asisten laboratorium adalah prestasi yang baik, banyak pengalaman dan prestasi yang bisa Anda dapatkan dibandingkan dengan teman mahasiswa biasa lainnya.

Anda akan lebih bijaksana dalam manajemen waktu, tentunya lebih menguasai materi perkuliahan, sehingga kebanggaan bagi junior atau adik kandung generasi Anda, pandangan bahwa Anda cukup pintar di kampus pasti, dan memiliki hubungan yang baik dan lebih dekat dengan para dosen.

Dan keterampilan berbicara di depan umum Anda jauh lebih maju yang dapat menjadi modal bagi Anda nanti di dunia kerja.

3. Mengikuti Penelitian Dosen

Sebagai seorang siswa menggunakan kesempatan bagi Anda untuk mengambil bagian dalam penelitian dosen, ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan, karena ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari mengikuti penelitian ini, selain Anda dapat berpikir lebih luas daripada teman-teman Anda, Anda dapat juga belajar bagaimana melakukan penelitian yang baik.

Mengikuti penelitian dosen tentu akan membuat Anda lebih mudah untuk mempersiapkan tugas akhir atau tesis Anda lebih matang, karena Anda telah belajar sebelumnya, dan itu tidak mencakup kemungkinan jika Anda juga dapat menerbitkan makalah ilmiah Anda seperti jurnal yang diakui baik secara nasional maupun internasional.

4. Mengikuti Organisasi Kampus

Siswa tidak ingin menjadi kupu-kupu, alias sekolah setelah sekolah, istilah yang sering digunakan untuk siswa terbatas pada ruang kelas, bergabung dalam berbagai kegiatan yang meningkatkan keterampilan lunak Anda, seperti bergabung dengan organisasi kampus, sukarelawan, lembaga kampus , atau komunitas yang memperluas jaringan Anda.

Baca: Jangan Menjadi Siswa Kupu-kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

Dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Anda akan membangun jaringan yang lebih luas, dan ini menjadi salah satu hal positif ketika Anda memasuki dunia kerja atau karier, karena semakin banyak peluang karir yang Anda dapatkan, mentalitas dan cara komunikasi juga semakin matang, dan jika Anda seorang pengusaha sukses, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda melalui persahabatan.

5. Mengikuti Konferensi

Dengan menghadiri konferensi, Anda dapat bertukar pendapat atau pendapat dari berbagai perspektif secara efektif, tentunya membuka cakrawala Anda dalam berpikir dan merasakan kemampuan Anda untuk percaya diri dalam mengungkapkan pendapat.

Anda akan merasakan manfaat akademis melalui konferensi yang mengikuti, baik konferensi nasional maupun internasional.

Konferensi ini adalah acara untuk Anda bertemu dengan para ahli dari berbagai bidang, ini akan membuat Anda berpikiran global yang tentu saja tidak Anda dapatkan di kelas.

Anda akan mendapatkan berbagai informasi dari konferensi ini, termasuk kesempatan Anda untuk mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan, inovasi di masa depan, dan bahkan perspektif orang-orang yang berpikir ke depan.

6. Mengikuti Pertukaran Mahasiswa (Pertukaran)

Sumber: wordpress.com

Pembelajaran baru juga diperlukan dan menyenangkan, sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, suasana belajar Anda perlu ditingkatkan untuk meningkatkan pengalaman belajar dengan karakteristik yang berbeda.

Dengan bergabung dalam program pertukaran akan membuat persahabatan Anda lebih luas, tentu saja itu akan meningkatkan wawasan intelektual Anda, sehingga Anda akan lebih pintar dalam bersosialisasi dalam hubungan yang produktif.

Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi dunia yang lebih luas, sehingga pikiran Anda akan lebih diharapkan untuk melihat sesuatu yang terjadi, dan ini juga akan merasakan kemampuan bahasa asing Anda.

Baca: Ingin Belajar di Luar Negeri? Coba 5 Program Pertukaran Pelajar ini

7. Memiliki Hak Cipta

Siswa harus memiliki karya kreatif sendiri sebagai bentuk karya nyata yang berdampak. misalnya, buku yang Anda terbitkan, karya yang Anda patenkan, ikuti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) atau miliki UKM (usaha kecil dan menengah) yang Anda bangun dan dirintis sendiri, atau di era saat ini mendirikan startup digital untuk menyelesaikan masalah di komunitas agar karya kreativitas Anda bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Keuntungan memiliki karya kreatif sendiri adalah Anda dapat menggunakannya ketika Anda ingin menerapkan program studi lanjutan dengan beasiswa, dan ini akan menjadi salah satu poin plus Anda untuk diterima sebagai calon penerima beasiswa, atau bahkan menjadi jejak dari karir Anda setelah lulus dari perguruan tinggi untuk menjadi wirausaha.

Lalu apakah ini dipelajari dan diperoleh di kelas? Tidak! semua ini kami dapatkan dari pengalaman dan partisipasi aktif dalam kegiatan di luar kelas kuliah

Dengan kegiatan ini kita dapat bertemu banyak orang dari berbagai kegiatan lintas yang kita lalui, dari mereka kita dapat belajar tentang berbagai perspektif dan karakteristik untuk berbagi pengalaman yang menginspirasi dan tentu saja menambah hubungan.

Namun pembelajaran akademik di kampus juga penting dan tidak boleh diabaikan karena itu adalah tanggung jawab kita sebagai mahasiswa.

Selain itu, ada hal-hal positif yang dapat kita lakukan sebagai siswa, yaitu:

Ubah cara, Anda melihat segalanya (Ubah cara Anda melihat sesuatu), dalam hal ini kita harus dapat membuat siklus kita sendiri, jangan menjadi pengikut siswa tetapi cobalah untuk menjadi siswa atau pencipta yang mandiri.
Ubah cara, Anda melihat diri Anda sendiri (Ubah cara Anda melihat diri Anda sendiri) dalam hal ini kita harus belajar untuk saling menghormati, dapat mengalah pada ego masing-masing, dan dapat saling memahami.
Ubah cara, Anda melihat situasinya (Ubah cara Anda melihat situasi) dalam hal ini kami tidak menaruh pola pikir "gagal" saat menerapkan program baik balapan dan sebagainya, tetapi lampirkan pola pikir kita "Kamu bisa melakukannya" jika kami "gagal" dalam proses yang dikoreksi, jangan gagal, yang Anda sesali, cobalah untuk belajar dari kesalahan, karena kegagalan bukanlah akhir dari segalanya tetapi langkah untuk menghabiskan jatah gagal.

Dari hal-hal positif di atas, kita dapat melakukan dan menerapkan untuk mencapai apa yang kita inginkan dengan benar, tidak mudah untuk melakukannya tetapi jika kita sedikit sabar dan terus melakukannya secara konsisten maka kesuksesan semakin dekat

Karena itu, menjadi siswa tidak boleh biasa-biasa saja dan tidak ingin keluar dari zona nyaman Anda, jadilah siswa agen perubahan yang diharapkan oleh masyarakat sebagai generasi penerus bangsa ini.

Karenanya, gunakan status siswa kami untuk melihat dunia yang lebih luas dan jangan buang waktu di ruang kelas. Jangan menjadi alumni yang menyesal ketika sarjana dan diploma Anda terbatas untuk mencari pekerjaan. Betapapun kecilnya kemampuan Anda, Anda harus memiliki kegemaran, Aset pribadi, dan tujuan hidup yang dicapai setiap hari.

Maka Anda harus memiliki tujuan dan rencana untuk masa depan, buat di buku catatan Anda apa yang dapat Anda lakukan dan apa yang ingin Anda capai di masa kuliah ini.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS