DAERAH LLDIKTI XII – LLDIKTI Wilayah XII Ambon Bagikan Pengorbanan Bantuan Hewan – Kampuspedia


DAERAH LLDIKTI XII - LLDIKTI Wilayah XII Ambon Bagikan Pengorbanan Bantuan Hewan - Kampuspedia

LLDIKTI Wilayah XII Ambon Mendistribusikan Bantuan Hewan untuk Pengorbanan

Ambon, lldikti12, – Pengorbanan adalah bagian dari hukum Islam yang telah ada sejak manusia ada ketika putra-putra nabi Adam AS diperintahkan untuk berkorban. pengorbanan bertujuan untuk memperkuat iman seorang Muslim jika praktik itu dilakukan dengan tulus dan tulus.
Selain dilihat secara spiritual, pengorbanan juga merupakan tindakan yang berarti dalam kehidupan sosial, qurban mengajarkan setiap Muslim untuk memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, pengorbanan adalah cara bagi seorang Muslim untuk menghargai berkah dan makanan yang diberkati oleh Allah SWT.
Sebagai bentuk rasa terima kasih atas pemberian tersebut, LLDIKTI Wilayah XII Keluarga Ambon menyerahkan hewan qurban dalam bentuk sapi kepada masyarakat di sekitar kantor Wilayah XII LLDIKTI yang fokus pada beberapa masjid di Daerah Cengkeh, Ahuru, Air Besar dan Ambon IAIN. .


"Semua hewan qurban yang kita serahkan memiliki 5 ekor sapi. 4 ekor sapi adalah hewan qurban dari keluarga besar LLDIKTI Wilayah XII Ambon. Sedangkan satu hewan adalah hewan kurban dari STIKES Maluku Husada Kairatu," ungkap Kepala Wilayah LLDIKTI XII Ambon , Dr. Muhammad Bugis SE. M.Sc. ke media Jumat ini (9/8/2019)

Dikatakan Bugis, dalam ajaran Islam, qurban adalah sunnah muaqat atau sunnah yang sangat dianjurkan, qurban bagi setiap muslim yang mampu adalah perwujudan cinta kasih kepada Allah SWT. Manifestasi kasih kepada Tuhan dilaksanakan oleh keluarga Ambon Wilayah XII LLDIKTI dengan memberikan hewan kurban kepada masyarakat Kota Ambon.
"Kelima hewan kurban tersebut kemudian akan didistribusikan ke beberapa masjid di kota Ambon. Dan untuk mekanisme distribusi, itu akan diatur oleh komite yang dibentuk oleh LLDIKTI Wilayah XII Ambon," jelas Bugis.


Ke depan, lanjut Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon. LLDIKTI Wilayah XII Ambon akan berkoordinasi dengan sejumlah Universitas di bawah perlindungan LLDIKTI Wilayah XII Ambon untuk berpartisipasi dalam mendistribusikan hewan kurban. Bugis berharap di tahun-tahun mendatang jumlah korban hewan yang disediakan oleh LLDIKTI Wilayah XII Ambon akan terus bertambah. Dan dapat didistribusikan ke daerah-daerah terpencil baik di Maluku maupun Maluku Utara.

Acara penyerahan hewan qurban oleh LLDIKTI Wilayah XXI Ambon dan STIKES Maluku Husada dipusatkan di halaman Kantor LLDIKTI Ambon XII, para pemimpin PTS dan dosen LLDIKTI Wilayah XII diundang untuk menonton acara tersebut, LLDIKTI Wilayah XII juga mengundang administrator masjid untuk menerima bantuan hewan.

Menyaksikan pemotongan Qurban
Setelah melakukan Sholat Idola, Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si bersama istrinya Nunung Triyani, SE M.Si juga berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung proses penyembelihan hewan qurban, dibantu oleh LLDIKTI Wilayah XII staf dan dosen di Masjid Darul Rahman Wara Jl. Tarmizi Taher Cangkeh Kebun Ambon 11/9/2019.

setidaknya 5 masjid yang menerima bantuan hewan qurban dari LLDIKTI Wilayah XII Ambon pada tahun 2019 yaitu: Masjid Darul Rahman, Wara, Nurul Mu THR 2 Masjid Ahuru, Masjid Nurul Ihklas Air Besar, Masjid Al Khairat Wara, Masjid Ishak Al Hijrah Kahena Masjid IAIN Ambon.
Muhammad Bugis, SE, M.Si mengatakan bahwa di masa depan ia akan membuat terobosan untuk meningkatkan jumlah hewan kurban dengan melibatkan universitas swasta dan memperluas partisipasi dosen di PTS. (bul)

Artikel terkait:

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS