Empat Spesies Kumbang Baru Ditemukan di Maluku Utara – Kemenristek / BRIN – Kampuspedia


2019 Penghargaan Sains APEC untuk Inovasi, Penelitian dan Pendidikan (ASPIRE)

Bogor – Empat spesies baru Chafer beetle (Coleoptera: Scarabaeidae) dari genus Epholcis ditemukan di Maluku Utara oleh para peneliti di Institut Ilmu Pengetahuan Indonesia & # 39; Pusat Penelitian Biologi (LIPI), Raden Pramesa Narakusumo bersama Michael Balke dari Zoologische Staatssammlung München, Jerman.

Empat spesies baru adalah Epholcis acutus, Epholcis arcuatus, Epholcis cakalele, dan Epholcis obiensis. Selanjutnya, satulectotype, Maechidius moluccanus Moser, ditahan dan dipindahkan (sinonim) ke klan Epholcis sebagai Epholcis moluccanus (Moser). Publikasi temuan ini diterbitkan dalam Journal of Treubia Vol. 46 diterbitkan pada Desember 2019.

Sampai sekarang, sepuluh spesies Epholcis telah ditemukan. Enam dari mereka diidentifikasi pada tahun 1957 oleh Britton di New Queensland dan New South Wales, Australia. Sedangkan empat spesies baru yang ditemukan adalah catatan baru di wilayah Indonesia dan berasal dari Kepulauan Maluku yaitu, Halmahera, Obi, dan Kepulauan Ternate.

"Dari bukti ini kita dapat melihat celah besar pada spesies Epholcis di wilayah Papua karena belum ada laporan sebelumnya. Mungkin karena deskripsi beberapa spesies Epholcis sebagai Maechidius masih tidak memadai, ada kesamaan antara kedua kumbang dan kurangnya koleksi spesimen, "kata Pramesa.

Pramesa menjelaskan, kumbang Epholcis adalah serangga nokturnal yang memakan daun pohon Eucalyptus di Australia dan juga bunga cengkeh (Syzigium sp.). "Sementara di Maluku, mereka sama-sama memakan tanaman dari keluarga Myrtaceae," jelasnya.

sumber: http://lipi.go.id/berita/Empat-Spesies-Baru-Kumbang-Did–Maluku-Utara/21951

Tautan sumber

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS