Hadiah Khusus dari Alumni untuk FKG – Universitas Jember – Kampuspedia


Hadiah Khusus dari Alumni untuk FKG - Universitas Jember - Kampuspedia

Jember, 9 September 2019
Himpunan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember memberikan hadiah khusus pada peringatan 34 tahun HUT FKG Universitas Jember ke 34, (09/09). Alasannya, sebanyak 250 alumni dari seluruh kelas memberikan perawatan gigi gratis kepada 700 anak usia 8-9 tahun di halaman depan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember.
"Acara ini juga merupakan agenda grand reunion alumni FKG UNEJ. Dalam kegiatan ini kami (alumni) melakukan pelapisan bakti sosial dengan aplikasi fluorine pada gigi permanen anak usia 8 hingga 9 tahun. Biasanya pada usia itu hanya ada sekitar 4 sampai 5 gigi permanen baru, "kata ketua asosiasi alumni FKG drg. Hamid Dwi.

Hamid mengatakan, melapisi gigi permanen dengan aplikasi fluor adalah langkah pertama untuk mengurangi risiko karies (gigi berlubang). Karena menurutnya, pelapisan gigi dengan tepung dapat melemahkan kemampuan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang menempel.
"Karena anak-anak lebih rentan terhadap karies gigi dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga pelapisan tepung ini adalah salah satu langkah pencegahan bagi anak-anak dalam mencegah karies dan penumpukan plak pada gigi," tambah Hamid.
Menurut Hamid, aktivitas pelapisan gigi dengan tepung ini juga dicatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai aplikasi pelapisan gigi yang paling banyak. "Target awal kami adalah 2030 elemen gigi yang akan dilapisi tepung. Angka ini merupakan bentuk dukungan kami bahwa pada 2030 Indonesia akan bebas dari karies gigi. Namun ternyata antusiasme masyarakat begitu besar sehingga setelah dihitung ada sekitar 2.572 elemen gigi yang telah dilapisi tepung dan ini tercatat sebagai rekor terbanyak, "lanjut Hamid.

Sementara itu Kanselir Universitas Jember Moh. Hasan memberikan apresiasi terhadap kegiatan bakti sosial. Menurut Hasan, kegiatan tersebut merupakan wujud keramahtamahan sosial di Universitas Jember di bidang kesehatan gigi dan mulut.
"Alhamdulillah kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi langsung dari Universitas Jember kepada masyarakat. Kami sangat sadar bahwa masyarakat, khususnya masyarakat Jember, harus merasakan manfaat maksimal dari keberadaan Universitas Jember," kata Hasan.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS