#Hanya di rumah? 7 Aktivitas Produktif Ini Yang Harus Anda Lakukan


#Hanya di rumah? 7 Aktivitas Produktif Ini Yang Harus Anda Lakukan

Mulai tahun 2020, dunia dikejutkan oleh penyebaran pandemi virus Covid-19 di seluruh dunia. Virus ini sendiri pada akhir Maret 2020 telah menginfeksi lebih dari setengah juta orang yang tersebar di 175 negara di dunia.

Indonesia adalah salah satu negara yang paling terpukul oleh penyebaran virus pandemi yang mampu menyebar dengan sangat cepat. Salah satu langkah pertama yang diambil oleh pemerintah Indonesia adalah mendesak masyarakat untuk melakukannya jarak sosial (jauh dari keramaian).

Untuk mendukung banding ini, kampanye #Hanya di rumah diluncurkan di berbagai media sosial dengan tujuan menjangkau kaum muda sehingga mereka tidak akan sementara meninggalkan rumah mereka selama virus masih meningkat.

Tidak hanya naik banding, pemerintah juga berinisiatif mengurangi aktivitas di berbagai tempat keramaian. Salah satu targetnya adalah lembaga pendidikan, seperti sekolah dan perguruan tinggi. Baik Sobat, untuk mengurangi aktivitas publik, pemerintah telah memutuskan untuk sementara waktu menutup berbagai lembaga.

Meskipun siswa terus melakukan kegiatan belajar mengajar online, masih ada sesuatu yang hilang sini, teman. Berbagai kegiatan produktif yang biasanya dilakukan setelah jam pelajaran seperti melakukan penelitian, pertemuan organisasi, kegiatan UKM untuk masyarakat di luar kampus harus dihentikan sebentar.

Baik, untuk itu, agar siswa dapat tetap menjadi teman produktif, Ruang Siswa telah merangkum hal-hal yang dapat Anda lakukan sekarang dalam artikel #Hanya di rumah? 7 Aktivitas Produktif Ini Yang Harus Anda Lakukan.

1. Kerjakan tugas

melakukan pekerjaan di hari libur

Sumber: tif.unipma.ac.id

Seringkali terkendala waktu untuk melakukan pekerjaan kampus? Saat ini adalah waktu terbaik, sobat!

Sekarang dan untuk bulan depan, Anda tidak akan disibukkan dengan kegiatan luar, seperti rapat organisasi, penelitian lapangan, kegiatan UKM, atau berkumpul dengan komunitas di luar kampus yang biasanya menghabiskan banyak waktu Anda.

Berbagai kegiatan non-akademik hampir semuanya telah ditunda atau dialihkan secara online.

Karena itu, Anda memiliki lebih banyak waktu di rumah, dan ini adalah waktu sangat tepat bagi Anda untuk melakukan semua tugas yang diberikan, baik yang tenggat waktu-hanya sedikit lebih lama atau masih lama.

Jangan biarkan pekerjaan Anda menumpuk, sobat!

2. Baca buku

Bosan di rumah? Membaca buku adalah senjata ampuh untuk membunuh kebosanan, sobat!

Sekarang adalah waktu terbaik untuk membuka kembali rak buku Anda, temukan buku-buku terbaik yang pernah Anda beli, bersihkan semua debu yang menutupi mereka dan mulailah membacanya.

Membaca buku sangat membantu karena itu dapat memperluas cakrawala Anda, memperkaya kosakata Anda dan juga merangsang imajinasi Anda.

Buku yang Anda baca tidak harus terkait dengan jurusan kuliah Anda. Anda dapat membaca novel, sejarah, filsafat atau buku-buku lain yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda, tentu saja.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kita Harus Banyak Membaca

Jangan lupa untuk mencatat atau menandai poin-poin penting saat membaca buku, sehingga Anda dapat lebih mudah menemukan dan memahami ide dan argumen dari penulis buku di masa depan, tanpa harus membaca ulang buku dari halaman pertama ke halaman terakhir.

3. Tonton film

Menonton film juga dapat memiliki dampak yang sangat positif, jika Anda menggunakannya media untuk mempelajari. Ada banyak film yang tersedia yang memiliki berbagai nilai pendidikan di dalamnya.

Film-film sejarah dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang sejarah, di mana dengan mengambil pelajaran dari kisah nyata yang telah terjadi di masa lalu, Anda bisa lebih bijak dalam menangani berbagai masalah yang berkembang sekarang dan di masa depan.

Selain itu, film berbahasa asing juga dapat digunakan untuk berlatih dan mengasah keterampilan Anda dalam bahasa Inggris.

Salah satu metode belajar bahasa Inggris yang paling efektif adalah mengubah subtitle ketika menonton film asing menjadi bahasa Inggris. Ada banyak film legal gratis yang dapat Anda nikmati di berbagai platform digital saat ini seperti Maxstream, Viu, Hooq, dan iFlix.

Baca: 7 Film yang Harus Dipantau Siswa

4. Berolahraga di rumah

Selama berminggu-minggu di rumah bisa Anda gunakan untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk dijaga kebugaran dan kesehatan tubuhmu. Ada banyak kegiatan olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, seperti yoga, zumba, kardio atau menari.

Anda juga bisa bermain bulutangkis dan senam di depan rumah atau hanya joging di sekitar lingkungan Anda. Yang paling penting, perlu diingat melakukan jarak fisik saat Anda berolahraga, sobat!

5. Berkumpul bersama keluarga

Berkumpul bersama keluarga adalah kegiatan produktif lain yang bisa Anda lakukan. Mungkin, berbagai kegiatan di kampus dan di luar kampus harus mengorbankan waktu Anda bersama keluarga.

Pergi di pagi hari dan pulang memang merupakan rutinitas normal bagi Anda yang memang organisasi.

Anda dapat menggunakan # Momen Rumah ini untuk memaksimalkan waktu Anda berkumpul dengan keluarga sebelum kembali ke rutinitas, sobat! Anda bisa bercanda bersama atau bercerita tentang semua hal yang mungkin tidak sempat Anda katakan.

Anda juga dapat menjelaskan rencana Anda untuk masa depan yang mungkin masih Anda ingat.

Anda juga dapat berbagi berbagai masalah yang Anda hadapi dengan keluarga Anda dan kemudian menemukan solusi bersama.

Mungkin saudara Anda menghadapi masalah yang sama atau mungkin orang tua Anda dapat memberikan solusi karena mereka menghadapi masalah yang sama.

6. Kembangkan kemampuan baru

Alih-alih berbaring atau melakukan hal-hal yang tidak produktif lainnya, Anda juga dapat menggunakan waktu di rumah untuk mengembangkan kemampuan yang mungkin belum pernah Anda uji sebelumnya.

Anda dapat menjelajahi banyak kemampuan dasar yang harus Anda kuasai untuk menghadapi era ini Revolusi 4.0 ini.

Era Revolusioner 4.0 yang semuanya merupakan teknologi dan otomasi menuntut Anda untuk menguasai beberapa kemampuan sekaligus.

Beberapa kemampuan ini termasuk keterampilan bahasa asing, fotografi, videografi, desain grafis, penulisan konten, UI / UX, pemrograman, editor video dan masih banyak lagi.

Semua kemampuan ini dapat Anda praktikkan dan pelajari secara gratis melalui berbagai platform yang tersedia secara online.

Baca: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Milenium di Era Digital

7. Ambil kelas online dan webinar

Ada berbagai kelas online dan webinar yang tersedia. Anda dapat memperoleh informasi tersebut di media sosial dan di internet.

Mengambil kelas online dan webinar adalah salah satu kegiatan paling produktif untuk meningkatkan pengetahuan Anda dan membantu Anda merancang masa depan Anda.

Ini karena biasanya kelas online dan webinar telah menyiapkan presenter yang kompeten dan berpengalaman di bidang tertentu.

Karena itu, ketika Anda mengambil kelas online atau webinar, Anda bisa mendapatkan penjelasan tentang bidang tertentu langsung dari pakar.

Ini dapat memudahkan Anda untuk menentukan langkah-langkah yang akan Anda ambil, karena Anda juga akan mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan secara langsung.

Ada banyak webinar yang tersedia dengan berbagai variasi, mulai dari yang membahas isu-isu spesifik seperti kesetaraan gender, demokrasi, disabilitas, dll.

Ada juga kelas online yang bertujuan untuk mempraktikkan kemampuan baru Anda seperti kelas untuk belajar desain grafis, pemasaran digital, penulisan konten atau webinar untuk berbagi kiat masuk ke PTN.

Baik, Teman pelajar, Ruang Siswa itu sendiri juga akan mengadakan webinar, kamu tahu!

Webinar ini berjudul "Seminar Online: Lepaskan UTBK dan Smart Way untuk Memilih Jurusan" berdasarkan tema "Kenali Dirimu, Tentukan Tujuanmu" dan akan diadakan pada 18 April 2020 13.00-15.00 WIB. Webinar ini juga akan dilengkapi dengan "Konsultasi Departemen dengan Mahasiswa PTN".

Bagi Anda yang tertarik untuk mengambil bagian dalam webinar dan departemen konsultasi online ini, Anda dapat menghubungi mereka secara langsung hubungi 081339770473 (WhatsApp / Gena Rosa).

Sekarang, teman, itu adalah 7 Kegiatan Produktif yang Harus Anda Lakukan di Rumah. Bagi Anda yang masih suka berbaring atau suka melakukan hal-hal yang kurang produktif lainnya, mari mulai sekarang perlahan-lahan diubah menjadi kegiatan yang lebih produktif di atas!

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan teman, dengan mengurangi sebanyak mungkin kegiatan di luar rumah dan mencuci tangan secara teratur. Semoga pandemi virus Covid-19 akan berhenti sesegera mungkin sehingga kita dapat kembali ke aktivitas normal!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS