Idul Adha Mengajarkan Sifat awun dan Tasamuh – Universitas Jember – Kampuspedia


Idul Adha Mengajarkan Sifat awun dan Tasamuh - Universitas Jember - Kampuspedia

Jember, 12 Agustus 2019

Keluarga besar Universitas Jember merayakan Idul Adha dengan mengadakan sholat Ied di Masjid Al Hikmah, Kampus Tegalboto (11/8). Istimewa, bertindak sebagai pendeta dan pengkhotbah pagi itu adalah Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember. Dalam khotbahnya, Moh. Hasan mengatakan bahwa Idul Adha mengajarkan umat Islam dua pelajaran penting, yaitu sifat awun dan tasamuh. Sifat taun adalah sifat membantu orang lain tanpa mendiskriminasi latar belakang, sedangkan sifat tasamuh adalah sifat toleransi dan mau menerima perbedaan yang ada.

"Idul Adha mengajarkan kita untuk melakukan pengorbanan, seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Perintah ini mengajarkan kita semangat membantu orang lain. Dengan mengorbankan dan membantu orang lain, kita pada dasarnya lebih dekat dengan-Nya. Perintah untuk pengorbanan dengan ternak harus ditafsirkan secara filosofis sebagai upaya untuk mempraktikkan nafsu menyembelih, dan praksis sosial untuk membantu orang lain, "jelas Moh. Hasan di depan jemaah shalat Idul Adha yang terdiri dari dosen, karyawan, mahasiswa Universitas Jember dan masyarakat sekitar Kampus Tegalboto.

Selanjutnya Moh. Hasan mengundang hadirin untuk mengambil pelajaran kedua dari peringatan Idul Adha, yaitu membentuk tasamuh atau sifat toleran. "Idul Adha juga dikenal sebagai Haji, karena saat ini jutaan Muslim sedang melaksanakan rukun Islam kelima. Mereka berasal dari berbagai kelompok etnis, bahasa, budaya, dan bahkan aliran pemikiran, tetapi semuanya dapat melaksanakan ziarah damai tanpa mempersoalkan perbedaan. Artinya Idul Adha juga mengajarkan kita untuk mau dan mampu melakukan toleransi dalam kehidupan nyata, "tambahnya.

Sebelum menutup khotbah, Moh. Hasan mengundang hadirin untuk menjadikan ibu kota taawawun dan tasamuh dari peringatan Idul Adha untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Di antara tujuannya adalah untuk memerangi kemiskinan, kelaparan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. "Dengan modal, tolong bantu, mari bantu orang lain sesuai dengan kemampuan mereka. Dan dengan menerapkan sifat toleran, kami akan membantu melindungi Indonesia yang memiliki beragam suku, bahasa, agama, dan budaya," kata Moh. Hasan.

Setelah shalat Idul Adha selesai, Kanselir Universitas Jember secara simbolis menerima bantuan 2 ekor sapi dari keluarga besar R. Soedjarwo, Bupati Jember ketika Universitas Jember mulai berdiri. Penyerahan hewan kurban dilakukan oleh perwakilan keluarga besar R. Soedjarwo, Kol. drg. Rizal Rivandi, Sp.BM., kepada Moh. Hasan kemudian diserahkan kepada Abdul Majid, ketua takmir Masjid Al Hikmah. "Untuk tahun ini, takmir Universitas Al Hikmah, Universitas Jember, menerima dan mengelola hewan kurban dalam bentuk 8 sapi dan 7 kambing," kata Abdul Majid. (saya)

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS