Kampus Universitas Indonesia (UI) Webometrics Terbaik di Indonesia | Berita Universitas Terbaru


Universitas Indonesia (UI) Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama di universitas terbaik di Indonesia oleh versi Webometrics of World Universities 2020. Webometrics juga merilis bahwa UI berada di peringkat 10 di Asia Tenggara dan peringkat 766 di dunia.

Universitas Indonesia (UI) dianggap yang terbaik dalam membuka akses ke publikasi ilmiah sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan internet. Akuisisi ini didasarkan pada keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri dari empat indikator.

Keempat indikator yang ditetapkan oleh Webometrics adalah Presence adalah jumlah halaman web dari domain web utama, termasuk semua subdomain di universitas. Lalu, Visibilitas adalah jumlah tautan eksternal unik yang terhubung ke domain web kampus (inlinks) yang direkam oleh mesin pencari (Google).

Webometrics adalah sistem peringkat berbasis situs web untuk universitas di seluruh dunia. Webometrics percaya bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat digunakan sebagai indikator kinerja global universitas. Indikator ini mempertimbangkan komitmen mengajar, hasil penelitian, prestise internasional untuk hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi universitas.

Pemeringkatan dilakukan oleh lab Cybermetric Spanyol dengan mengevaluasi lebih dari 19.00 perguruan tinggi di dunia. Sistem peringkat Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi web yang mendukung inisiatif akses terbuka, mendukung akses elektronik ke publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. "Akuisisi ini didasarkan pada keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri dari empat indikator," kata Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti.

Penjabat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikdub Nizam mengatakan pemerintah sangat berterima kasih dan memberi selamat kepada lembaga pendidikan tinggi di negara ini yang membuatnya masuk dalam peringkat berdasarkan visibilitas atau penampilan lembaga pendidikan tinggi Indonesia di dunia maya.

Beberapa universitas Indonesia yang berada di peringkat lima besar di Indonesia oleh Webometrics 2020 setelah UI adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Profesor UGM juga mengingatkan bahwa keberhasilan memasuki peringkat dunia bukanlah tujuan akhir dari semua universitas. Tetapi sebagai hasil dari upaya universitas untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan juga terus memberikan karya terbaik untuk kemajuan bangsa. "Dengan karya dan prestasi yang bermanfaat bagi bangsa, pengakuan dunia akan lebih bermakna," katanya

Sumber: SINDONEWS.com (https://nasional.sindonews.com/read/1513480/15/ui-kampus-terbaik-di-indonesia-versi-webometrics-1580477996)

Peringkat rata-rata: 0 ulasan

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS