Lakukan 9 Hal Ini untuk Melawan Rasa Malas


Lakukan 9 Hal Ini untuk Melawan Rasa Malas

Penyakit, penyakit apa yang paling sering diderita siswa?

Malas, sebuah kata yang mungkin akrab bagi hampir semua orang, tentunya di lingkungan siswa ini memang manusiawi, terutama bagi siswa yang memiliki rutinitas yang wajib dilaksanakan tetapi sering merasa malas dihantui.

Tetapi, jika rasa malas dibiarkan, bisa jadi penyakit ini menyebar ke seluruh anatomi tubuh, mulai dari otak malas untuk berpikir, hingga tubuh malas untuk bangkit dari tidur.

Apakah Anda menderita penyakit ini?

Terkadang penyakit malas muncul ketika ada waktu luang, misalnya untuk Anda siswa yang sedang libur semester. Rasanya bebas tidur kapan saja dan di mana saja.

Yang lebih parah adalah penyakit malas datang ketika Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu. Jangan malas membuat pekerjaan Anda diabaikan, ya!

Jika kami tetap berkata, bagaimana Anda bisa berhasil jika Anda bahkan tidak bisa melawan kemalasan.

Ayo, bangkit dan berkelahi dengan perasaan malas!

Teman pelajar, sesegera mungkin Anda harus membunuh benih penyakit malas ini dari hidup Anda. Bagaimana melakukan?

9 hal di bawah ini yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kemalasan Anda.

1. Tidur dan bangun tepat waktu

Untuk membunuh kemalasan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur waktu tidur Anda dan bangun dengan benar. Idealnya lamanya seseorang tidur adalah 8 jam sehari.

Ini bertujuan untuk membuat Anda lebih segar dan bersemangat untuk beraktivitas karena stamina terjaga dengan istirahat yang cukup. Jadi, bagi Anda yang sering begadang, mari ubah kebiasaan Anda mulai sekarang.

2. Memotivasi diri sendiri

Apa yang biasanya Anda lakukan setelah bangun tidur? Periksa gadget, lihat salam selamat pagi dari orang yang tidak sensitif? Menguntit momen teman berlibur di luar kota?

Sudah, daripada memiliki terlalu banyak anggur, Anda lebih baik memulai hari dengan memotivasi diri sendiri. Berdoa adalah cara untuk memotivasi diri Anda untuk memulai hari, kemudian menonton video atau membaca kutipan motivasi di Instagram atau YouTube.

Kemudian Anda dapat membaca atau menonton kisah-kisah orang sukses yang kami idolakan, ini akan membuat motivasi Anda lebih tinggi dan kemalasan Anda akan hilang.

Anda juga perlu meyakinkan diri sendiri setiap hari dengan mengucapkan kalimat motivasi dalam hati Anda, seperti "Saya akan melakukan yang terbaik hari ini!", "Saya bisa melakukannya!", Dan kalimat serupa. Anda dijamin akan lebih bersemangat!

3. Gaya hidup sehat dan olahraga yang memadai

bagaimana cara melawan kemalasan

Sumber: lifestyle.kompas.com

Perasaan malas sering muncul karena kurang asupan gizi dan kurang gerak tubuh.

Tidak perlu lari maraton dan makanan mewah, cukup lakukan gerakan kecil di pagi hari dan konsumsi 4 sehat 5 sempurna setiap hari agar semangat Anda lebih terjaga.

Gerakan kecil dapat dilakukan di rumah dengan panduan video atau aplikasi yang ada di smartphone Anda

Baca: 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki pada Smartphone Siswa

4. Pastikan lingkungan Anda bersih dan rapi

Lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi bibit malas, sobat! Rumah yang berantakan akan membuat suasana hati Anda berantakan di pagi hari, sehingga Anda akan malas beraktivitas.

Menata ruangan secara teratur dapat memberi kesan baru. Jika ada sesuatu yang baru, itu pasti lebih menggembirakan, bukan?

5. Buat target baru

Setelah Anda memastikan kondisi dan lingkungan Anda kondusif, saatnya untuk merancang target Anda dalam sehari. Misalnya menyelesaikan jurnal peninjauan tugas untuk subjek A dan menyelesaikan tugas rutin untuk kursus B.

Bagi Anda yang masih libur semester, cobalah membuat target yang sesuai dengan bakat Anda. Misalnya, sampul lagu untuk saluran YouTube Anda, atau tulis makalah ilmiah untuk dimasukkan dalam acara kompetisi penulisan ilmiah.

Buat target yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menjadi seproduktif mungkin, dan pastikan Anda melakukan target yang Anda tetapkan, kawan!

6. Jangan menunda melakukan pekerjaan

bagaimana cara melawan kemalasan

Sumber: forbes.com

Jangan hanya membuat daftar tugas! Laksanakan rencana Anda hari ini dan jangan tunda pekerjaan.

Kebiasaan menunda pekerjaan tidak akan membantu, itu hanya akan menghasilkan proliferasi perasaan malas untuk melakukan pekerjaan dan agenda Anda akan semakin menumpuk.

Jangan lakukan target Anda dan jangan tunda!

Baca: 6 Kegiatan Bermanfaat untuk Siswa yang Dapat Menginspirasi

7. Hindari lingkungan yang tidak aktif

Lingkungan yang tidak aktif dapat membangkitkan perasaan malas dan pada akhirnya semua target yang Anda tetapkan tidak dapat diselesaikan.

Selain itu, berusaha untuk berada di lingkungan yang sibuk yang bermanfaat dapat membantu Anda menjadi lebih aktif, teman!

Ayo, mulailah mencari lingkungan yang memang bisa membantu Anda menjadi lebih produktif, sehingga rasa malas semakin enggan untuk didekati.

8. Kurangi waktu untuk membuka gadget dan menonton TV

Gadget dan TV adalah dua godaan terbesar di era digital ini, kan? Terkadang seseorang dapat duduk berjam-jam hanya dengan membuka gadget atau menonton TV.

Untuk membunuh kemalasan, Anda harus membatasi waktu untuk membuka gadget dan menonton TV, kawan! Terutama di pagi hari, karena pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan aktivitas yang berat.

Baca: Ancaman Serius Menggunakan Gadget pada Kesehatan

9. Seimbangkan waktu kerja dan waktu luang

Setelah target Anda tercapai, Anda juga perlu rileks! Bukan berarti semua target yang Anda lakukan berfungsi.

Di balik rutinitas yang solid, jangan lupa untuk bahagia, sobat! Dengan keseimbangan antara waktu kerja dan waktu luang, Anda akan lebih bersemangat untuk menetapkan target untuk hari berikutnya.

Tunggu apa lagi, bunuh kemalasanmu!

Jadi, bagi Anda yang masih menderita kemalasan, terutama di masa liburan semester ini, mari segera bunuh kemalasan yang berlebihan sebelum penyakit ini membunuh kreativitas Anda. Semoga berhasil!

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS