LLDIKTI REGION XII – Kuliah Umum dengan Staf Khusus Menteri Riset dan Teknologi, Dr. KH Abdul Wahid Maktub – Kampuspedia


LLDIKTI REGION XII - Kuliah Umum dengan Staf Khusus Menteri Riset dan Teknologi, Dr. KH Abdul Wahid Maktub - Kampuspedia

Pidato Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon dalam Kuliah Umum "Mencegah Aksi Radikalisme dan Terorisme"

Ambon – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Ambon menerima kehormatan besar dari kunjungan Staf Khusus kepada Menteri Riset dan Teknologi, Dr. KH. Abdul Wahid Maktub pada Selasa (10/10) di kantor LLDIKTI Wilayah XII Ambon. Kunjungan Staf Khusus Menteri Riset dan Teknologi dan rombongannya ke kantor LLDIKTI Wilayah XII tidak lain adalah untuk memberikan kuliah umum untuk mahasiswa swasta di LLDIKTI Wilayah XII wilayah Ambon, khususnya di kota Ambon . Tema yang diangkat pada kuliah umum yang berlangsung sekitar 2 jam adalah "Peran pendidikan tinggi dalam upaya mencegah radikalisme dan terorisme". Kuliah umum, yang dipandu oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah XII Ambon, dihadiri oleh 176 siswa sebagai peserta yang berasal dari berbagai lembaga swasta di kota Ambon.

Dalam kesempatan ini, Dr. KH Abdul Wahid Maktub dalam materinya mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara super power jika semua tantangan dapat dihadapi dengan merespons dengan baik respon dan bagaimana kita dapat mengubah diri kita dari menjadi tanpa harapan menjadi harapan.

Menurutnya, kekompakan akan terjadi jika ada rasa cinta terhadap tanah air karena Indonesia penuh dengan keindahan. "Orang Ambon tidak hanya mencintai Ambon tetapi juga mencintai Indonesia," kata Gus Wahid, panggilan akrabnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa perguruan tinggi harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan, menemukan cara baru, pendekatan baru, kolaborasi baru, oleh karena itu universitas harus memiliki keberanian untuk mandiri. Pada abad ke-21 kita harus kritis, mampu menyelesaikan masalah, menjadi kreatif, inisiatif tidak hanya terfokus pada satu cara, melek teknologi, dapat menganalisis dan memberikan solusi.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Sc yang juga hadir dalam acara tersebut memberikan sambutan sekaligus membuka kuliah umum tentang radikalisme dan terorisme. Dalam sambutannya Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si mengatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila adalah ideologi yang tidak dapat ditawarkan oleh ideologi apa pun di muka bumi ini walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai pelemahan di sini atau ada masalah untuk mengguncang dunia. NKRI dan Pancasila sendiri. "Karena itu kuliah umum ini merupakan konsep dari pemerintah melalui Menteri tentang cara menangkal isu-isu radikalisme dan terorisme, ini harus disampaikan kepada mahasiswa," lanjut Muhammad Bugis.

Ia berharap kuliah umum ini tidak hanya menjadi kuliah umum di mata mahasiswa tetapi melalui kuliah umum ini dapat memberikan instruksi kepada mahasiswa sebagai benteng terakhir bagi masyarakat pada umumnya dan universitas khususnya untuk dapat menangkal isu-isu terkait dengan radikalisme. dan terorisme yang mengganggu Tanah Air dan Pancasila kita.

Setelah memberikan kuliah umum kepada siswa di LLDIKTI Wilayah XII di Ambon, khususnya universitas swasta di Ambon dan makan siang bersama di Kantor Regional XLDIKTI Ambon, Dr. KH Abdul Wahid dan rombongannya segera pergi ke Gubernur Provinsi Maluku. Kantor untuk melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi Maluku. (Taruh)

Tautan sumber

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS