Lulusan Doktor termuda dengan IPK 4,00 – Ristekdikti – Kampuspedia


2019 Penghargaan Sains APEC untuk Inovasi, Penelitian dan Pendidikan (ASPIRE)

BERITA UNAIR – Nastiti Intan Permata Sari, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menyelesaikan studi doktoral di FK UNAIR dengan predikat cumlaude. Prestasi yang membanggakan ini diraih oleh Nastiti, nama panggilannya, setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam uji coba terbuka hingga dinyatakan sebagai doktor pada 1 Agustus 2019. Pada usia 26 tahun dan hanya butuh delapan tahun, Nastiti lulus dengan nilai 4,00 Point Average (IPK).

Berawal dari fenomena tuberkulosis paru di Indonesia, khususnya di Jawa yang masih perlu dikaji lebih lanjut, Nastiti mengambil judul disertasi Multiplex PCR gen 16s rRNA, rv0577, RD9, mtbk_20680, garis keturunan 1-6, dan Profil Genotipe rpoB di Identifikasi Spesies, Strain dan Resistensi Isolat Rifampisin Mycobacterium Tuberculosis untuk Pasien Tuberkulosis Paru di Pulau Jawa.

Mengambil penelitian di Jawa, Nastiti menceritakan perjuangannya untuk mengambil sampel di tiga tempat dengan jarak yang jauh. Butuh waktu dan energi ekstra untuk menyelesaikan penelitian.

"Pengumpulan sampel dari 3 wilayah Pulau Jawa (Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat) yang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra karena harus berwiraswasta," kata siswa kelahiran Madiun itu.

Nastiti mengungkapkan bahwa setelah lulus pada 6 September, ia ingin mengabdikan dirinya untuk negara dengan menjadi dosen dan melanjutkan perannya sebagai peneliti.

Siswa yang memenangkan Magister Pendidikan Menuju Beasiswa Doktor untuk gelar Sarjana (PMDSU) dari Kementerian Pendidikan Tinggi mengatakan, karena siswa harus siap untuk berbagai kemungkinan. Dan, harus menyiapkan rencana atau rencana cadangan dan jangan lupa untuk memberikan kompensasi melalui upaya dan doa.

"Harus siap dengan segala kemungkinan. Karena itu, kita harus punya rencana dan masih harus menyeimbangkan diri dengan usaha dan doa," kata lulusan SMAN 1 Geger Madiun. (*)

Penulis: Faisal Dika Utama

Editor: Bint Q. Masruroh

Sumber berita: http://news.unair.ac.id/2019/09/08/l lulusan-doktor-termuda-dengan-ipk-400 /

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS