Membangun Suasana Akademik di Kampus Bondowoso, HMJ IE Mengadakan Seminar Halal – Universitas Jember – Kampuspedia


Membangun Suasana Akademik di Kampus Bondowoso, HMJ IE Mengadakan Seminar Halal - Universitas Jember - Kampuspedia

Jember, 10 September 2019

Universitas Jember sekarang memiliki empat kampus, di Kampus Tegalboto di Jember, Kampus Poncogati Bondowoso, Kampus Lumajang dan yang terbaru di Kampus Pasuruan. Dalam rangka membangun suasana akademik di semua kampus, Universitas Jember terus mendorong berbagai kegiatan akademik yang mampu membuka wawasan tentang pemikiran dan meningkatkan keterampilan para mahasiswanya. Salah satunya dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (HMJ IE FEB), Universitas Jember, yang mengadakan "Sharia Fair 2019" di Kampus Poncogati Bondowoso (7/9). Sharia Fair 2019 diisi dengan kompetisi esai emisi nasional dans yang meneliti perkembangan bisnis halal di Indonesia.

"Kami sengaja mengadakan kegiatan Syariah di Kampus Poncogati Bondowoso, tujuannya adalah agar kegiatan akademik mulai tumbuh di sini. Kedua, memperkenalkan keberadaan Kampus Poncogati Bondowoso kepada rekan-rekan mahasiswa dari universitas negeri dan swasta yang menghadiri serangkaian acara. Kami mencatat bahwa ada 38 tim yang berpartisipasi dalam kontes esai, dari Universitas Lampung, Universitas Mataram ke UGM. Dengan Sharia Fair, kami berharap bahwa keberadaan Universitas Jember, Kampus Bondowoso akan dikenal luas, "harap M. Ferre Kus Ardiansyah, ketua komite kegiatan.

Tampil sebagai pembicara pertama dalam seminar bertajuk Berinovasi untuk Menciptakan Bisnis Halal untuk Ekonomi Indonesia yang Lebih Baik adalah Akhmad Akbar, Ketua Program Studi S3 Ekonomi Islam dan Ilmu Produk Halal UGM Yogyakarta. Dalam presentasinya, Akhmad Akbar menjelaskan bahwa keberadaan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Penerapan Jaminan Produk Halal diproyeksikan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Karena keberadaan jaminan produk halal akan membuka ruang bagi terciptanya nilai tambah baru dari produk yang sudah ada. Meningkatkan permintaan baru pada berbagai jenis produk. Serta diversifikasi penawaran dan meningkatnya persaingan di antara produsen.

"Bisnis halal memicu inovasi industri baik mengenai proses produksi dan produk akhir. Dan jangan lupa, keberadaan UU nomor 34 tahun 2014 tentang Penerapan Jaminan Produk Halal juga akan meningkatkan standar kualitas produksi dan produk akhir. Ruang lingkup industri produk halal juga berkembang dari produk keuangan, makanan dan minuman, kosmetik, hingga perhotelan, "jelas Akhmad Akbar di depan 167 peserta seminar, yang sebagian besar adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah di Universitas Jember , baik dari Kampus Tegalboto dan Kampus Poncogati Bondowoso. Ada juga peserta dari PTS di Bondowoso dan sekitarnya.

Namun Akhmad Akbar mengingatkan bahwa peluang dalam industri halal harus diikuti oleh kesiapan para pelaku, termasuk dengan mempromosikan kesadaran akan kewajiban dan komitmen untuk sertifikasi halal. Ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan tata kelola yang baik dalam industri halal. "Perlu ada sosialisasi UU Nomor 34 tahun 2014 yang lebih intensif mengenai Implementasi Jaminan Produk Halal, analisis kebutuhan dan kesiapan sertifikasi halal, serta bantuan bagi pelaku usaha, terutama UMKM," tambahnya. Seminar ini juga menghadirkan Khairunnisa Musari, pakar Ekonomi Islam dari IAIN Jember.

Rangkaian acara Sharia Fair dibuka oleh Moh. Miqdad, Dekan FEB Universitas Jember, berharap bahwa kegiatan Syariah di Kampus Poncogati Bondowoso akan diikuti oleh kegiatan lain yang dapat meningkatkan suasana akademik untuk dosen dan mahasiswa di Kampus Poncogati Bondowoso. Sedangkan untuk lomba esai, Tim Yogyakarta Yogyakarta memenangkan tempat pertama, diikuti oleh tim IAIN Salatiga dan tim tuan rumah di posisi ketiga. Tema yang diambil kali ini adalah Implementasi Bisnis Halal dalam Pembangunan Ekonomi Nasional di Era Revolusi Iondustri 4.0. (saya)

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS