Pengusaha Startup Memotivasi Siswa untuk Membuat Bisnis Sejak Dini


Pengusaha Startup Memotivasi Siswa untuk Membuat Bisnis Sejak Dini

Untuk mendorong struktur ekonomi Indonesia, jumlah pengusaha adalah salah satu indikator penting.

Hingga akhir 2017, jumlah pengusaha di Indonesia telah mencapai 3,1% dari total populasi, jumlah itu telah melampaui standar internasional, yaitu 2%.

Meski begitu, jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang sudah mencapai 5 hingga 7 persen. Situasi ini dapat digunakan sebagai peluang bagi kaum muda untuk menciptakan bisnis sejak dini.

Dalam kondisi seperti itu, Pendiri Tiket.com dan juga alumni Sekolah Bisnis Universitas Pelita Harapan (UPH), Dimas Surya Yaputra memotivasi siswa akhir tahun Sekolah Bisnis UPH untuk berani memulai bisnis lebih awal.

Hal ini disampaikan dalam Talk Show berjudul "Berani Mengambil Risiko" yang diadakan pada 23 Agustus 2019, di Kampus UPH Lippo Village. Dalam Talk Show ini juga hadir seorang pengusaha muda Peter Shearer yang merupakan Pendiri Wahyoo.

Sebelum ia berhasil dengan Tiket.com, Dimas, begitu sering ia dipanggil, sudah menjalankan 3 bisnis lain, tetapi itu tidak memenuhi harapannya.

Padahal, dalam 5 tahun pertama Tiket.com didirikan, ia mengaku tidak mendapat penghasilan apa pun. Namun, berkat kegigihan dan kerja kerasnya, akhirnya setelah Djarum mengakuisisi Tiket.com, bisnisnya telah berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Gagasan untuk menciptakan Tiket.com tidak lepas dari peluang besar di industri perjalanan, "Jokowi pernah berencana untuk membangun 20 bandara baru. Dari sana saya melihat banyak orang yang memiliki potensi untuk bepergian. keberatan untuk membuat Tiket.com, "kata Dimas.

Tak ketinggalan, Dimas juga memberikan pesan kepada para siswa UPH Business School untuk selalu pintar dan pintar dalam mencari peluang dan potensi pasar. Ini bisa menjadi fondasi yang kuat untuk memulai bisnis.

"Kewirausahaan bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan. Jika Anda melihat peluang atau potensi, segera lakukan itu! Jangan menyerah dengan mudah karena Anda tidak akan tahu kapan peluang itu akan bersama Anda," tambah Dimas.

Hingga saat ini, Tiket.com telah mencapai 500 rute perjalanan dan telah berkolaborasi dengan berbagai mitra seperti maskapai penerbangan, kereta api, hotel, mobil, dan hiburan. Pelanggan juga menjadi prioritas Tiket.com dengan memberikan kemudahan untuk rencana perjalanan dan layanan terbaik selama 24 jam.

Lain halnya dengan Peter Shearer yang saat ini sedang mengejar kewirausahaan sosial.

Melalui Wahyoo, ia memberikan kesempatan bagi warung makan kecil di Indonesia untuk berkembang. Caranya adalah dengan memberikan edukasi kepada pemilik kedai makanan melalui Wahyoo Academy untuk memberikan modal tambahan.

Talkshow ini adalah salah satu bagian dari kursus CAPSTONE yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan praktisi yang memenuhi syarat di bidangnya, dengan membahas topik-topik penting yang belum tercakup oleh kurikulum standar.

Penulis: Meishiana Tirtana – 08999972409
Hubungan Media – Universitas Pelita Harapan

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS