Shift UGM, UI Menjadi Kampus Terbaik di Indonesia 2020! | Berita Universitas Terbaru


Geser UGM, UI Menjadi Kampus Terbaik di Indonesia 2020!

Universitas Indonesia (UI) berhasil menggeser Universitas Gadjah Mada ke posisi kedua dan menjadikan dirinya sebagai kampus terbaik di Indonesia dalam Peringkat Webometrik Universitas Dunia versi 2020. Tidak hanya secara nasional, UI juga memenangkan tempat ke-10 di Asia Tenggara dan 766 di dunia. Posisi ketiga hingga kelima ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Apa itu Webometrics?

Webometrics adalah sistem peringkat untuk universitas di dunia berdasarkan situs web. Jika kinerja situs web perguruan tinggi yang baik, perguruan tinggi juga dapat memiliki dampak positif pada dunia pendidikan. Seperti, untuk meningkatkan penelitian, kualitas pengajaran, untuk meningkatkan prestise di kancah internasional.

Jadi, apa saja indikator yang digunakan oleh Webometrics dalam menilai kualitas situs web universitas? Webometrics memiliki empat indikator penilaian yaitu kehadiran, visibilitas, transparansi / keterbukaan, dan keunggulan / sarjana. Keempat indikator ini terkait dengan jumlah situs web, tinta, dengan jumlah artikel ilmiah yang diterbitkan oleh universitas.

Spanish Cybermetric Lab juga melakukan penilaian terhadap sekitar 19 ribu institusi tersier di dunia. Akibatnya, UI dianggap mampu membuka akses ke publikasi ilmiah kepada publik dan memenuhi semua indikator di atas sehingga menempati urutan pertama di Indonesia.

Pemeringkatan Webometrics Bukan Satu-Satunya Standar dalam Memilih Universitas

Namun demikian, peringkat Webometrics ini bukan satu-satunya referensi untuk melihat kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Setiap peringkat harus memiliki indikator dan standar yang berbeda dan tidak ada standar yang lebih baik daripada standar lainnya. Jadi, peringkat ini bukan satu-satunya referensi dalam memilih universitas.

Hal ini dikonfirmasi oleh pernyataan Pejabat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam yang menganggap bahwa peringkat aktual Webometrics bukanlah tujuan akhir sebuah perguruan tinggi. Namun, peringkat ini adalah hasil dari upaya universitas untuk memberikan yang terbaik bagi siswa dan mendukung kemajuan bangsa. Karena itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan indikator lain sehingga mereka dapat menemukan universitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Sumber: Sindonews.com

Gambar: Grace Damanik dari Pixabay

Peringkat rata-rata: 0 ulasan

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS