Student Nature Lover Universitas Jember Lumajang Menanam Pohon di Ranupani Bersama Bupati – Universitas Jember – Kampuspedia


Student Nature Lover Universitas Jember Lumajang Menanam Pohon di Ranupani Bersama Bupati - Universitas Jember - Kampuspedia

Lumajang, 9 Februari 2020

Genpalasma, Generasi Alam Teman-teman, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam Program Studi Diploma Keperawatan Fakultas Perawat Universitas Jember Lumajang berpartisipasi dalam Gerakan Tandur Bersama di Ranupani, di lereng Gunung Semeru (8-9 / 2 ). Gerakan Tandur Bersama adalah gerakan menanam pohon untuk melestarikan alam di kawasan Gunung Semeru. Tujuannya adalah untuk merehabilitasi ekosistem Gunung Semeru, terutama di wilayah Ranupani yang dirusak oleh kebakaran hutan. Kegiatan ini mendapat perhatian besar dari Thoriqul Haq, Bupati Lumajang, yang hadir untuk menanam pohon di Ranupani.

Menurut Vijay Saxsena, ketua Genpalasma, ada 12 anggota yang membantu menanam 9.000 bibit pohon di Ranupani selama dua hari. Mereka berbaur dengan 1.300 peserta lain yang umumnya berasal dari kelompok pecinta alam, pencinta lingkungan, dan lembaga terkait di Lumajang bahkan dari luar kota Lumajang. "Area Ranupani ini strategis, terletak di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut yang sering menjadi lokasi peristirahatan bagi pendaki dan wisatawan lain, dengan pemukiman di bawahnya. Jika ekosistem wilayah Ranupani terganggu oleh kebakaran atau tanah longsor karena menebang pohon, dampaknya juga akan dirasakan oleh penduduk desa, termasuk pendaki dan wisatawan, "kata siswa yang akrab dipanggil Vijay.

Vijay kemudian melanjutkan, pada akhirnya perusakan alam juga mempengaruhi kesehatan manusia. Sebagai contoh, kebakaran hutan menyebabkan asap yang dapat merusak sistem pernapasan manusia, tanah longsor berpotensi menyebabkan korban jiwa dan lainnya. "Sebagai calon perawat, kami berusaha berkontribusi pada penghuni sesuai dengan pengetahuan yang kami peroleh, yaitu bagaimana merawat kesehatan penghuni dengan meningkatkan kesadaran melindungi lingkungan sesuai dengan kegiatan kami di Genpalasma," tambah Vijay.

Sementara itu Thoriqul Haq, Bupati Lumajang, mengucapkan terima kasih dan penghargaannya atas kontribusi semua pihak yang berpartisipasi dalam Gerakan Tandur Bareng. Ia berharap semua komunitas pecinta alam bekerja sama untuk melestarikan alam di Lumajang, khususnya di kawasan Gunung Semeru. "Partisipasi Genpalasma dalam kegiatan Gerakan Bersama Tandur juga merupakan acara pertama yang kami ikuti karena UKM Genpalasma baru akan diresmikan pada 20 Februari," pungkas Vijay. (Lumajang UNEJ)

Tautan sumber

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS