Teman-teman Penyandang Disabilitas Universitas Jember Hak Suara Disabilitas – Universitas Jember – Kampuspedia


Teman-teman Penyandang Disabilitas Universitas Jember Hak Suara Disabilitas - Universitas Jember - Kampuspedia

Jember, 3 Desember 2019
Komunitas penyandang cacat Universitas Jember mengadakan aksi damai untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Dalam aksi yang dihadiri oleh lebih dari 60 mahasiswa Universitas Jember, mereka mengunjungi 15 Fakultas di Universitas Jember.
"Kami berkeliling fakultas untuk berpidato tentang pemenuhan hak teman-teman penyandang cacat kami. Karena menurut hukum yang berlaku, kebutuhan akan fasilitas dan infrastruktur (kecacatan) mereka harus dipenuhi," kata Eris Restu Putra, koordinator aksi.


Eris bersyukur bahwa tindakan damai yang mereka terima diterima dengan baik oleh para pemimpin di fakultas. Mereka juga memberikan kenang-kenangan kepada dekan dalam bentuk buku pedoman dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang harus tersedia.

"Saya harap apa yang kita lakukan benar-benar ditanggapi dengan baik. Kami tidak ingin apa yang kami perjuangkan hanya menguap. Tapi kami ingin komitmen para pemimpin, terutama kanselir, untuk segera mewujudkan UNEJ sebagai kampus inklusif, "Eris menambahkan setelah memberikan pidato di depan kantor Rektor Universitas Jember.
Sementara itu Moh. Rektor Hasan dari Universitas Jember menyambut aksi damai yang dilakukan oleh teman-teman penyandang cacat. Menurut Hasan, selaku pelaksana layanan pendidikan tinggi Universitas Jember, ia harus benar-benar memperhatikan sarana dan prasarana yang ramah difabel.
"Untuk semua bangunan baru, kami telah berusaha ramah terhadap penyandang cacat dan untuk bangunan lama yang sedang kami kerjakan, termasuk gedung rektor yang saat ini sedang dalam proses memasang lift," kata kanselir di depan siswa mengambil tindakan.

Hasan berjanji untuk terus berusaha agar semua anak bangsa termasuk yang berkebutuhan khusus dapat mengambil bagian dan bekerja di Universitas Jember. Bahkan, menurutnya, saat ini di Universitas Jember juga memiliki beberapa karyawan yang termasuk dalam kategori disabilitas.


"Kami akan terus berusaha agar semuanya ramah dengan disabilitas termasuk kamar mandi. Kami ingin mereka (penyandang cacat) dapat memproses dengan baik dan nyaman sementara di Universitas Jember baik itu mahasiswa, karyawan atau dosen," pungkas Hasan.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS