Tim Bimasakti UGM Kembali ke Formula Mahasiswa Jepang – Ristekdikti – Kampuspedia


Tim Bimasakti UGM Kembali ke Formula Mahasiswa Jepang - Ristekdikti - Kampuspedia

JOGJAKARTA – Tim Balap Bimasakti UGM kembali siap berkompetisi di ajang Student Formula SAE Jepang yang bergengsi.

Dalam kompetisi ini, Tim Bimasakti membawa mobil Milky Way generasi ke-8 sebagai penyempurnaan dari mobil generasi sebelumnya yang membawa tim ini untuk memenangkan gelar di ajang serupa pada 2018 silam.

"Tim ini membuat mobil yang lebih ringan, lincah, aerodinamis, dan ergonomis. Kami menerapkan prinsip ergonomi pada kokpit untuk membuatnya lebih mudah mengendalikan mobil dan memperhatikan aspek kenyamanan pengemudi," kata Muhammad Kamal Ardi Putra sebagai pemimpin tim.

Mahasiswa Teknik Mesin ini menjelaskan, perencanaan dan persiapan baik dalam aspek teknis dan non-teknis telah dilakukan sejak akhir 2018. Mobil BM-8 akhirnya berhasil dirakit pada akhir April 2019, menandai penyelesaian desain dan pembuatan proses mobil formula kebanggaan UGM.

Langkah selanjutnya adalah melakukan test drive mobil secara teratur untuk melatih dan mengembangkan kemampuan pengemudi dan mobil BM-8 sendiri. Drive tes ini juga berfungsi sebagai simulasi balapan untuk melihat performa mobil serta pengemudi dan melatih kesiapan tim dalam menghadapi berbagai tantangan.

"Dengan berfokus pada pengembangan mesin, kami percaya bahwa kinerja mobil BM-8 lebih baik dan prestasi Milky Way Team akan meningkat dari tahun sebelumnya," kata Kamal.

Tim Balap Bimasakti sendiri didirikan pada 26 November 2010 dan merupakan tim pertama dari Indonesia yang ikut serta dalam kompetisi Student Formula SAE. SAE Student Formula adalah kompetisi desain mobil formula tingkat siswa yang diselenggarakan oleh International Society of Automotive Engineers (SAE) dan diadakan di berbagai belahan dunia.

Ajang Mahasiswa Formula Jepang, yang diikuti oleh Milky Way Racing Team sejak 2011, mengundang para siswa untuk merancang, membuat, dan mengembangkan mobil tipe-formula dalam skala kecil. Aspek dianggap dibagi menjadi peristiwa statis dan peristiwa dinamis. Peristiwa statis mencakup tiga hal, yaitu peristiwa biaya, acara desain, dan acara presentasi. Sementara itu, acara dinamis terdiri dari akselerasi, skidpad, autocross, dan daya tahan.

Pada tahun 2018, Tim Balap Bima Sakti UGM berhasil memperoleh prestasi yang cukup fantastis di kompetisi ini. Prestasi tertinggi yang diraih oleh tim ini adalah peringkat 3 Acara Presentasi Bisnis dan JAMA CHAIRMAN AWARD. Penghargaan JAMA ini diberikan kepada tim yang berhasil melewati semua rangkaian kompetisi tanpa penalti mulai dari pendaftaran, pengiriman dokumen, dan inspeksi teknis.

Prestasi lain yang juga berhasil diraih oleh Tim Bimasakti dalam acara tersebut adalah Acara Place Endurance dari Asia Tenggara, Acara Skidpad Place ke-10, dan Peringkat Keseluruhan ke-26 dari Formula Mahasiswa 2018 Formula Jepang. Dengan serangkaian prestasi yang telah diraih oleh tim generasi sebelumnya, Kamal optimis bahwa tahun ini Tim Bimasakti dapat mencapai hasil yang lebih baik.

"Dengan berpegang teguh pada nilai-nilai yang ada, semangat kerja semua anggota tim, dan dukungan dari berbagai pihak, Tim Balap Bimasakti UGM akan selalu berinovasi dan berkembang menjadi tim terbaik dalam mempromosikan nama bangsawan bangsa Indonesia di panggung dunia, "Kata Kamal.

Wakil Rektor UGM untuk Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M. Agr, menyatakan dukungannya untuk Tim Bimasakti. Dia juga menyarankan agar para siswa dapat mempertahankan fokus hingga kompetisi dimulai, sehingga mereka dapat mencapai kinerja terbaik.

"Kami mendukung kegiatan positif seperti ini. Semoga apa yang telah dilakukan telah memberikan hasil yang baik dan dapat membawa nama Indonesia ke arena internasional," katanya.

sumber: https://ugm.ac.id/id/berita/18227-tim-bimasakti-ugm-claim-ber-student-formula-japan

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS