Tingkatkan Kualitas Lulusan, Universitas Jember Gandeng IIA – Universitas Jember – Kampuspedia


Tingkatkan Kualitas Lulusan, Universitas Jember Gandeng IIA - Universitas Jember - Kampuspedia

Jember, 15 Oktober 2019

Universitas Jember bersama The Institute of Internal Auditor (IIA) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada 14 Oktober 2019 di aula lantai 3 Gedung Soerachman, Universitas Jember. Perjanjian ini semakin menekankan komitmen Universitas Jember untuk terus meningkatkan kualitas lulusan, khususnya studi akuntansi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.
"Apakah kita menyadarinya atau tidak di era revolusi industri 4.0 memiliki dampak besar pada hilangnya beberapa pekerjaan. Salah satunya adalah pekerjaan seorang akuntan karena saat ini banyak perangkat lunak yang menggantikan peran mereka," kata Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember setelah penandatanganan.
Dalam presentasinya yang singkat, Zulfikar mengatakan, untuk dapat bersaing dengan masyarakat dunia, lulusan Universitas Jember tidak cukup hanya memiliki IPK. Namun menurutnya, itu juga perlu didukung oleh kompetensi lapangan yang tidak bisa diganti oleh mesin. "Seperti kemampuan di bidang audit. Ini adalah bagian yang tidak akan pernah digantikan oleh mesin. Karena pembukuan oleh mesin hanya menghasilkan data yang belum diinterpretasikan dan ini kemudian menjadi peran auditor internal," jelas Zulfikar .

Zulfikar menjelaskan, keberadaan MoU ini akan menjadi sarana bagi siswa untuk melakukan praktik langsung terkait bidang audit internal. Karena dalam kolaborasi ini IIA menyediakan magang untuk mahasiswa akuntansi untuk tingkat Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2).


"Tentu saja dalam proses magang siswa akan belajar secara langsung kasus-kasus yang mereka temui saat berpartisipasi dalam melakukan audit internal di suatu lembaga, baik swasta atau pemerintah. Oleh karena itu, ketika mereka lulus, mereka sudah memiliki gambaran bidang pekerjaan yang dapat mereka kejar, "pungkas Zulfikar.
Sementara itu Rama Kurnia Gubernur Komite Hubungan Akademik IIA mengatakan, Universitas Jember akan memberikan nilai positif kepada IIA. Karena selain sebagai lembaga auditor IIA juga melakukan penelitian terkait pengembangan keilmuan.
"Kolaborasi ini akan sangat bermanfaat bagi Universitas Jember dan IIA itu sendiri. Karena kita dapat berkolaborasi dalam melakukan penelitian bersama, kita sebagai praktisi dan Universitas Jember sebagai akademisi," kata Rama.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS