Universitas Brawijaya Menangkan QS World 2020 Versi 300 Besar Peringkat Dunia


Universitas Brawijaya Menangkan QS World 2020 Versi 300 Besar Peringkat Dunia

INFOKAMPUS.BARU – Universitas Brawijaya (UB) memenangkan tempat ke-300 di dunia QS World 2020, atau di dunia 301-350, dan ketiga secara nasional di bidang pertanian dan kehutanan.

Kampus yang terletak di Malang, Jawa Timur, telah berhasil mengukir prestasi di tingkat dunia berkat reputasi akademis, pengusaha, kutipan dan indeks. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Pemeringkatan Prof.Dr.Ing.Setyawan Purnomo Sakti, M.Eng yang menjelaskan bahwa pemeringkatan berdasarkan subjek merupakan yang pertama kali diraih oleh UB.

Subjek Pertanian dan Kehutanan UB meraih 55,1 poin untuk parameter reputasi akademik, 65,9 untuk parameter reputasi staf, 44,2 untuk parameter kutipan, dan 55,3 untuk parameter indeks.

"Ini menunjukkan bahwa reputasi UB telah meningkat berdasarkan QS World sehingga akan berdampak positif, terutama mereka yang tertarik dengan UB akan meningkat. Ini juga menunjukkan bahwa UB memiliki kekuatan dalam bidang pertanian dan kehutanan," katanya kata.

Dia menambahkan kekuatan dalam bidang pertanian dan kehutanan, tidak hanya dari fakultas pertanian tetapi juga dari disiplin ilmu lain.

"Misalkan ada dosen dari Fakultas Teknik yang meneliti bunyi tanaman atau banyaknya alumni UB yang bekerja di perusahaan pertanian meskipun mereka bukan dari jurusan pertanian, menjadi salah satu kriteria evaluasi," katanya.

Dengan subjek UB yang pertama kali diperingkat di dunia ke-300, Wakil Rektor I untuk Akademik, Prof.Dr.Aulanni, drh., DES, berharap pada tahun 2024, UB dapat mencapai 500+ peringkat sesuai ke target yang ditetapkan.

"Masih banyak yang perlu ditingkatkan tetapi prestasi yang diraih UB saat ini dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan posisi UB di tingkat internasional," pungkas Prof. Dr. Amulanni , drh., DES.

Wakil Rektor I UB Prof. Aulani menjelaskan bahwa peringkat versi QS World memuat 48 mata pelajaran, dan UB berhasil memasuki peringkat global 301-350 bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) di subjek pertanian dan kehutanan.

Sedangkan universitas lain yang juga termasuk dalam subjek adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringkat global 51-100 dan Universitas Gajah Mada (UGM) di peringkat global 151-200. (Rls /Rfl)

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS