Universitas Jember Kampus Lumajang Menyediakan Pertanian PPL dengan Pengetahuan Kehidupan Dasar (BHD) – Universitas Jember – Kampuspedia


Universitas Jember Kampus Lumajang Menyediakan Pertanian PPL dengan Pengetahuan Kehidupan Dasar (BHD) - Universitas Jember - Kampuspedia

Lumajang, 15 Oktober 2019

Kelompok Penelitian (KeRis) Bencana Darurat dan Studi Keperawatan (Densus) Program Studi Diploma 3 Fakultas Keperawatan Universitas Keperawatan Kampus Jember Lumajang memberikan pelatihan Dukungan Kehidupan Dasar (BHD) untuk Pekerja Penyuluh Pertanian (PPL) di Kabupaten Lumajang. Pelatihan ini bertujuan untuk membuat anggota Pertanian PPL terbiasa dengan bahan berbahaya di daerah pertanian, mengenali dampak keselamatan dan keamanan di daerah pertanian, dan melatih petani untuk melakukan Bantuan Kehidupan Dasar (BHD). Pelatihan ini diadakan di Pusat Konseling Pertanian Lumajang (15/10).

Menurut Rizeki Dwi Fibriansari, koordinator kegiatan, pelatihan ini dihadiri oleh 30 petugas PPL dan kader Satuan Kesehatan Kerja (UKK) dari sembilan kabupaten, yaitu Kabupaten Tempe, Sumber Suko, Senduro, Pasrujambe, Candipuro, Pasirian, Kunir , Yosowilangun, dan Tekung. Kecamatan adalah kecamatan dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani. "Untuk diketahui, sejauh ini petugas PPL Pertanian masih kurang pengetahuan tentang bahan berbahaya yang digunakan dalam pertanian, dan bagaimana cara menanganinya jika terjadi trauma atau kecelakaan kerja di pertanian. Oleh karena itu, kami mengambil inisiatif untuk memberikan pelatihan BHD dengan harapan bahwa pengetahuan ini akan diteruskan ke petani yang mereka bantu, "jelas Rizeki.

Bahan-bahan yang disediakan meliputi bahan BHD, Lingkungan Aman, Pembantu Aman, Penggunaan Aman Pestisida dan Penggunaan Peralatan Pelindung. Peserta juga diajak berlatih setelah mendapatkan materi di kelas. "Dalam pelatihan BHD ini, kami mengajarkan materi seperti bagaimana menggunakan prosedur yang benar untuk menggunakan pestisida, memberikan pertolongan pertama kepada korban keracunan pestisida atau cedera karena penggunaan alat pertanian tertentu dan sebagainya. Kami juga akan terus membantu PPL Pertanian Lumajang hingga Desember, "tambah Arista Maisyaroh, dosen di Universitas Jember, Kampus Lumajang yang juga berpartisipasi sebagai pembicara.

Keberadaan pelatihan BDH untuk Pertanian PPL disambut oleh peserta, salah satunya diungkapkan oleh Ahmad Bobby yang merupakan PPL Pertanian dari Kabupaten Yosowilangun. Menurutnya, sebagian besar PPL Pertanian seperti dirinya hanya mengerti tentang masalah teknis pertanian, oleh karena itu pelatihan BDH memberikan pengetahuan tambahan untuk dirinya dan teman-temannya. "Beruntung mendapat tambahan pengetahuan dan materi BDH, karena nanti kita akan sosialisasikan ke petani," katanya. Kegiatan pelatihan Basic Life Assistance (BHD) untuk Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) di Kabupaten Lumajang secara resmi dibuka oleh Suhari, Ketua Detasemen KeRis. Dalam sambutannya, Suhari berharap dengan semakin banyaknya petani Lumajang yang mengetahui tentang BDH, jumlah kecelakaan kerja dan trauma di lingkungan pertanian akan berkurang. (Tim UNEJ Lumajang)

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS